Kota Bandung Kembali Intensifkan Penyemprotan Disinfektan

Kota Bandung Kembali Intensifkan Penyemprotan Disinfektan
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung kembali mengintensifkan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan, dan pembagian masker di ruang publik sebagai upaya pencegahan Covid-19. 

"Kami Diskar PB, pencegahan melakukan penyemprotan di sudut Kota Bandung dan melakukan pembagian masker," kata Kadiskar PB Kota Bandung Dadang Iriana saat melakukan penyemprotan di Alun-alun Bandung, Rabu (16/09/2020).

Menurut dia, dua kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) yang diperketat sekaligus upaya pencegahan covid-19. Dia menyebut, dua mobil pancar diterjunkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di pusat perkotaan.

Selain itu, sebanyak 64 ribu masker kain yang diperoleh dari bantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat dibagikan kepada masyarakat. Sebagian masker sudah dibagikan kepada masyarakat melalui kecamatan.

"Hari ini 32 ribu (masker) dilakukan penyerahan ke warga dan bukan hanya di pusat kota Alun-Alun tapi di UPT (Diskar) Utara dan Barat penyemprotan di daerah pasar Cimindi. Selatan dan Timur penyemprotan di pasar Kordon," ucapnya. 

Dadang mengatakan penyemprotan disinfektan dilakukan di enam titik lainnya yaitu di Pasar Ikan di Jalan Peta, Sukahaji dan Pasar Jatayu Ciroyom. Menurutnya, penyemprotan disinfektan akan dilakukan terus menerus di masa AKB yang diperketat.

"Personel yang diturunkan ada sekitar 30 orang dan dua pancar mobil diterjunkan. Satu stay dan yang satu bergerak. Untuk di pemukiman, penyemprotan disinfektan dilakukan oleh unsur kecamatan dan kelurahan," ujar dia. (Yogo Triastopo)