LIB: Keluhan Klub Terkait Jadwal Liga Dibahas dalam 'Manager Meeting'

LIB: Keluhan Klub Terkait Jadwal Liga Dibahas dalam 'Manager Meeting'
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno. (antara)

INILAH, Bandung - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno mengatakan, semua keluhan klub terkait jadwal lanjutan Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 akan dibahas dalam rapat manajer (manager meeting).

"Nanti akan dibicarakan dalam manager meeting," ujar Sudjarno kepada Antara di Jakarta, Rabu. Dia menambahkan, rapat manajer klub-klub Liga 1 2020 rencananya akan berlangsung pada 21 September 2020.

Sementara untuk tim-tim Liga 2, manager meeting diproyeksikan bergulir pada awal Oktober 2020. Nantinya di dalam pertemuan tersebut, Sudjarno melanjutkan, klub-klub bebas mengutarakan unek-unek terkait kompetisi di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, akan dipaparkan pula kondisi terkini Covid-19 yang ada di daerah-daerah tempat pelaksanaan liga. Dari diskusi tersebut, LIB berjanji memberikan solusi terbaik untuk semua pihak.

Sebelum pertemuan itu dilaksanakan, Sudjarno menegaskan jadwal liga masih seperti yang disusun sebelumnya. "Jadwal masih on schedule," tutur dia.

Beberapa klub Liga 1 seperti Persib mengkritik jadwal lanjutan Liga 1 musim 2020. Pelatih Persib Robert Alberts menyebut bahwa jadwal liga 'sangat menyiksa' dan seperti dipaksakan untuk selesai pada Februari 2020.

Dari Liga 2, pelatih PSIM Seto Nurdiantoro juga sempat mengutarakan keberatannya dengan jadwal pertandingan yang sangat mepet.

Hal itu dinilai Seto dapat memperbesar risiko cedera pada pemain bahkan jika kompetisi menggunakan regulasi baru yaitu lima pergantian dalam satu laga.

Lanjutan Liga 1 musim 2020 berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Kompetisi tetap digelar semusim penuh tetapi tanpa degradasi.

Semua laga Liga 1 2020 akan digelar di Pulau Jawa. Dengan dikonsentrasikan di sana, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran Covid-19.

Liga 2 Indonesia musim 2020 bergulir pada 17 Oktober-5 Desember 2020. Kompetisi ini berlangsung dengan format turnamen yang melewati penyisihan grup.

Baik Liga 1 dan 2 dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Semua laga dilangsungkan tanpa kehadiran penonton di stadion dan pengetesan Covid-19 akan dilakukan secara rutin. (antara)