Penderita Kanker Meningkat, Cermat Berasuransi Adalah Jawaban

Penderita Kanker Meningkat, Cermat Berasuransi Adalah Jawaban
Foto: Rianto Nurdiansyah

INILAH, Bandung - Jumlah penderita kanker di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan data dari Yayasan Kanker Indonesia 2019, angka kejadian kanker di Indonesia mencapai 1,362 per 1 juta penduduk.

Diketahui, kanker adalah penyakit yang 90-95% kasusnya disebabkan faktor lingkungan dan 5-10% karena faktor genetik atau keturunan.

Merujuk pada angka mortalitas, maka kejadian kanker tertinggi untuk laki-laki di Indonesia adalah kanker paru, kemudian kanker hati. Sedangkan, jenis kanker genetik seperti kanker payudara paling lazim ditemukan pada perempuan. Kanker genetik atau turunan yang diderita keluarga multi-generasi contohnya adalah kanker kolon, kanker rahim, dan kanker kulit.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, dari segi biaya perawatan, penyakit kanker merupakan penyakit nomor 2 termahal di Indonesia, setelah hemodialisis. Padahal biaya Kesehatan di Indonesia terus naik 12 hingga 13 persen tiap tahun. Dalam kehidupan nyata, biaya tak terduga paling besar berasal dari pengeluaran berobat serta perawatan kesehatan.

Merujuk pada data tersebut, PT Avrist Assurance (Avrist Assurance) memperkenalkan produk asuransi kesehatan terbaru bernama Avrist Primer Hospital & Surgical. Sebuah solusi lengkap dan menyeluruh guna memenuhi kebutuhan medis dalam rawat inap dan pembedahan bagi keluarga, serta memberikan akses dalam mendapatkan perawatan kesehatan terbaik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Head of Corporate Marketing Communications PT Avrist Assurance Ernest Febrianto mengatakan, menyediakan perawatan kesehatan untuk keluarga, baik itu untuk orang tua merupakan hal yang penting sebagai orang yang sudah menginjak umur dewasa. Terlebih bagi pencari nafkah utama di dalam keluarga.

"Cermat berasuransi merupakan salah satu jawaban untuk menjaga perencanaan keuangan keluarga agar tidak menguras habis tabungan seumur hidup," ujar Ernest, Kamis (17/9/2020).

Avrist Prime Hospital & Surgical menurutnya merupakan solusi untuk memberikan perlindungan kesehatan dan akses pada perawatan kesehatan terbaik yang dapat dirasakan oleh seluruh anggota keluarga besar pemegang polis. Salah satunya pertanggungan biaya perawatan kanker.

"Keunggulan produk ini pertama family plan yang mencakup orang tua dan keluarga lainnya. Cukup dengan satu polis, maka pemegang polis dapat memberikan jaminan proteksi kesehatan untuk semua keluarga, diantaranya adalah proteksi kepada pasangan, anak kandung, cucu kandung, orang tua kandung, mertua, saudara kandung, paman-bibi kandung, serta keponakan kandung," katanya.

Kedua, kenyamanan privasi kamar di rumah sakit. Memberikan perlindungan kesehatan sesuai dengan tagihan rumah sakit berupa kenyamanan privasi dengan satu tempat tidur dan kamar mandi di dalam (VIP Room).

Selanjutnya, fasilitas non-tunai (cashless) hingga seluruh dunia dengan batas tahunan manfaat hingga US$3 juta.

"Memberikan ketenangan dalam proses penyembuhan baik di dalam negeri maupun luar negeri tanpa rasa khawatir akan proses rumit administrasi rumah sakit," imbuhnya.

Selain itu, manfaat asuransi akan tetap dibayarkan walaupun tertanggung tinggal di luar negeri selama lebih dari 3 bulan berturut-turut dengan menambahkan asuransi tambahan manfaat perlindungan menetap di luar negeri. Terakhir, Avrist Prime Hospital & Surgical ini tidak mengecualikan pandemi, sehingga produk ini akan mencakup wabah virus Covid-19. (Rianto Nurdiansyah)