Purwakarta Kembali Sabet Penghargaan Natamukti dari Kementerian KUKM

Purwakarta Kembali Sabet Penghargaan Natamukti dari Kementerian KUKM
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta - Upaya Pemkab Purwakarta yang terus memberikan support kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menuai apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI yang bekerjasama dengan Internasional Council for Small Business (ICSB). Ya, pemerintahan di wilayah itu diganjar penghargaan Natamukti.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika cukup berbangga hati. Apalagi, penghargaan cukup bergengsi ini diraih selama tiga tahun berturut-turut. Ini, jelas membuktikan jika ekonomi kreatif masyarakat Purwakarta melalui UMKM terus berkembang.

“Kami cukup berbangga hati dengan torehan penghargaan ini,” ujar Anne, Kamis (17/9/2020).

Namun demikian, dengan torehan penghargaan ini bukan berarti langkahnya terhenti. Justru, pengharagaan ini menjadi spirit dirinya untuk terus mendorong supaya sektor UMKM di wilayahnya terus berkembang. Apalagi, selama ini pandemi Covid-19 ini, UMKM menjadi salah satu sektor yang tertekan secara ekonomi.

“Ini memang sudah menjadi komitmen kami. Fokus kami kedepan, tak lain lebih mengedepankan pada upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19 ini. Salah satunya, dengan terus memberi support supaya mereka bisa kembali bangkit,” ujar Anne.

Menurut Anne, sejauh ini denyut perekonomian masyarakatnya melalui UMKM cenderung berkembang. Atas dasar itu, pihaknya pun optimistis sektor UMKM ini akan terus berkembang di masa mendatang.

Optimistisnya ini bukan tanpa alasan. Apalagi, dirinya melihat potensi pasar yang cukup besar. Hal itu, berkaca pada pertumbuhan sektor pariwisata di wilayahnya yang juga mengalami peningkatan. Menurut dia, ini menjadi peluang besar untuk meningkatkan perekonomian warganya.

Di bagian lain, penyerahan penghargaan Natamukti tahun ini berbeda. Ya, karena masih dalam masa pandemi covid-19, kegiatannya dilakukan melalui virtual. Adapun penghargaan Natamukti sendiri dibagi kedalam tiga kategori. Yakni, kategori Natamukti, Natamukti Nindya, dan Natamukti Ganapravara.

Natamukti merupakan pengahargaan bagi kabupaten/kota yang dianggap berhasil mendorong peningkatan kualitas produk lokal UKM. Semisal dari sisi pemasarannya. Sedangkan, untuk Natamukti kategori Nindya diberikan kepada pemerintahan kabupaten/kota terbaik yang berhasil meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan, baik di tingkat nasional maupun global.  

Sedangkan, untuk Natamukti Ganapravara itu diberikan bagi daerah yang bisa mempertahankan peringkat Natamukti Nindya selama lima kali berturut-turut. Adapun untuk Purwakarta sendiri, dalam tiga tahun berturut-turun ini mendapat penghargaan Natamukti. Daerah ini, dianggap berhasil mengembangkan sektor UMKM masyarakatnya.

Sementara itu, dalam tayangan virtual penyerahan penghargaan Natamukti 2020, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menuturkan penghargaan Natamukti merupakan bentuk apresiasi dari kementerian kepada para kepala daerah yang selama ini dinilai konsisten mendorong perekonomian masyarakatnya melalui UKM.

“Ini merupakan ajang tahunan sebagai bentuk apresiasi dari kementerian,” jelasnya.

Dalam ajang Natamukti 2020, ada sebanyak 37 kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih mendapat penghargaan. Untuk di Jawa Barat sendiri, ada 4 daerah yang diganjar penghargaan.

Masing-masing, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sukabumi, Kota Bandung, dan Kota Cimahi. Khusus untuk Purwakarta, kali ini merupakan penghargaan ketiga yang diraih selama tiga tahun berturut-turut. (Asep Mulyana)