Kota Bandung Raih Natamukti Nindya

Kota Bandung Raih Natamukti Nindya
Istimewa

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meraih penghargaan Natamukti Nindya pada perhelatan Natamukti Awards 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada Kamis, (17/9/2020). Wali Kota Bandung Oded M Danial pun mengikuti kegiatan tersebut dari Bandung Command Center.

Natamukti Awards merupakan anugerah dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerja sama dengan International Council for Small Business (ICSB) kepada pemerintah daerah yang mampu mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Kota Bandung telah empat kali berturut-turut memenangkan penghargaan Natamukti. Di tahun kelima ini, penghargaan yang didapat naik kelas menjadi kategori Natamukti Nindya. Natamukti Nindya adalah penghargaan tertinggi dari Natamukti. 

Kota Bandung bersama Kota Cimahi dan Kota Administrasi Jakarta Timur sebagai peraih Natamukti Nindya merupakan yang terbaik dari yang terbaik dari semua peraih Natamukti.

Salah satu penilaian yang dilakukan tim juri adalah kemampuan pemerintah daerah untuk mendorong UMKM agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Penilaian didasarkan pada tiga kerangka, yaitu komersialisasi pasar, inovasi produk, dan proses operasional terkait merek.

Ketiga komponen tersebut disesuaikan dengan kondisi pandemi. Tim penilai pun melihat kemampuan setiap daerah dalam mendorong promosi UMKM di tengah krisis. 

Pemerintah daerah juga dinilai seberapa besar upaya dalam mengedukasi kewirausahaan di masyarakat dan seberapa banyak regulasi yang dihasilkan agar tercipta ekosistem UMKM yang tangguh selama pandemi.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan tersebut. Dia mengaku bahagia upayanya dalam menjaga ekonomi Kota Bandung yang Sebagian besar ditopang oleh UMKM bisa mendapat apresiasi.

“Pemkot Bandung terus berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM agar berdaya saing tidak hanya di tingkat nasional regional bahkan internasional,” kata Oded. 

Salah satu langkah yang digulirkan Pemkot Bandung adalah UMKM Recovery Center yang digawangi Dinas Koperasi dan UMKM. Inovasi ini merupakan gabungan kegiatan business meeting, coaching, dan training bagi para pelaku UMKM yang terkena dampak pandemi.

“Kami berupaya menghadirkan kolaborasi di Kota Bandung setelah kita melibatkan ASN, OPD, untuk berinovasi. Saya berharap semoga Kota Bandung bukan sekadar mendapatkan penghargaan, tetapi roda ekonomi Bandung juga bisa bergerak lebih cepat,” ucapnya. (Yogo Triastopo)