Timnas U-19 Kalahkan Qatar 2-1

Timnas U-19 Kalahkan Qatar 2-1
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Tim nasional U-19 Indonesia berhasil mengalahkan Qatar dengan skor 2-1 dalam laga uji coba yang digelar di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia, Kamis malam WIB.

Disaksikan langsung dari siaran resmi pertandingan di Jakarta, Kamis, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong sejatinya tertinggal terlebih dahulu setelah Qatar membuat gol di menit ke-12 melalui Jassim Mohammed Al-Mehairi.

Indonesia kemudian membalas melalui sepakan penalti Brylian Aldama (17') dan memastikan kemenangan berkat gol Mochammad Supriadi (84').

Itu menjadi kemenangan pertama Indonesia dari empat laga uji coba yang telah dilewati di Kroasia. Sebelumnya, timnas U-19 kalah dari Bulgaria dan Kroasia, lalu seri 3-3 ketika bertemu Arab Saudi.

Timnas U-19 tampil agresif sejak menit pertama saat menghadapi Qatar. Mengandalkan duet Brylian Aldama dan David Maulana di tengah, beserta Witan Sulaeman dan Mochammad Supriadi sebagai gelandang sayap, Indonesia berhasil membuat Qatar kewalahan dari awal laga.

Indonesia bahkan hampir membuat gol pada menit ketiga. Namun, sundulan Irfan Jauhari yang memanfaatkan lemparan ke dalam Pratama Arhan, dan tendangan Witan Sulaeman setelahnya, dapat ditepis kiper Qatar Youssef M. Balideh.

Qatar unggul terlebih dahulu setelah sepakan Jaassim Al-Mehairi pada menit ke-12 tidak dapat dihalau oleh kiper Muhammad Adi Satryo.

Indonesia yang tersengat bangkit untuk mengejar ketinggalan. Akselerasi Mochammad Supriadi, yang rajin mengancam pertahanan Qatar, harus dihentikan dengan pelanggaran di kotak penalti.

Wasit pun memberikan penalti bagi Indonesia yang dieksekusi dengan baik oleh Brylian Aldama pada menit ke-17. Skor 1-1 bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Dua menit babak kedua dimulai, tendangan bebas Brylian harus diantisipasi dengan susah payah oleh penjaga gawang Youssef Balideh.

Setelah mengurung Indonesia, Qatar tidak dapat menembus pertahanan Indonesia yang diisi empat bek yaitu Amiruddin Bagas, Komang Teguh, Rizky Ridho dan Pratama Arhan.

Indonesia sempat melesakkan gol di menit ke-50, tetapi wasit menganggap Komang terperangkap offside.

Untuk menambah daya gedor, Shin Tae-yong memasukkan Saddam Gaffar dan Beckham Putra.

Keputusan itu tidak salah. Ketika laga hampir usai, timnas U-19 yang tampil menekan sejak lini depan membuat bek Qatar melakukan kesalahan. Bola kemudian direbut Beckham Putra dan mengirimkan umpan mendatar kepada Mochamad Supriadi yang tidak kesulitan memasukkan bola ke dalam gawang pada menit ke-84.

Kedudukan 2-1 untuk keunggulan Indonesia tidak berupa sampai wasit meniup peluit akhir laga.

Berikutnya, timnas U-19 Indonesia akan kembali menjajal kekuatan Qatar dalam laga uji coba kedua antara kedua tim di Kroasia pada Minggu (20/9). (antara)