Ridwan Kamil Bentuk Tim di Disdukcapil Soal Keluhan E-KTP

Ridwan Kamil Bentuk Tim di Disdukcapil Soal Keluhan E-KTP
INILAH, Bandung-Sekalipun telah melakukan perekaman data, namun masih ada warga Jawa Barat yang belum mendapatkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Keluhan masyarakat yang belum mengantongi KTP pun ramai ditumpahkan melalui akun instagram Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di @ridwankamil. 
 
Bagaimana tidak, KTP tidak hanya sekadar bukti diri atau identitas resmi semata. Melainkan sangat penting untuk berbagai keperluan termasuk sebagai syarat pembuatan berbagai dokumen.
 
Menyikapi hal tersebut, Emil -sapaan Ridwan Kamil- mengambil langkah dengan membentuk tim khusus di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jawa Barat.
 
"Untuk memudahkan, kami membentuk tim khusus di Disdukcapil, diketua Pak Kadisdukcapil (Heri Suherman) untuk menerima keluhan, mengkoordinasikan (dengan pihak terkait)," ujar Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (6/2/2019) 
 
Dengan begitu, kata dia, masyarakat bisa merasakan  bahwa pemerintah hadir dalam setiap permasalahan, tak terkecuali terkait kepemilikan KTP tersebut. Adapun proses pengaduannya, masyarakat tinggal mengisi formulis di bit.ly/ektp_jabar. Setelah laporan disampaikan, tim khusus di Disdukcapil akan segera menindaklanjutinya.
 
"Nanti direkap, dimonitor, dikasih deadline tolong dibereskan. Kalau isunya kurang keping, kita bisa fasilitasi ke Kemendagri," katanya.
 
Dia berharap seluruh pengaduan yang disampaikan warga dapat teratasi secepatnya. Dengan begitu, masyarakat bisa segera mendapatkan KTP sebagai haknya Warga Negara Indonesia (WNI).
 
Emil mengatakan, saat ini kepingan e-KTP atau KTP elektronik sudah tersedia di Kementerian Dalam Negeri. Dia pun telah meminta agar Jabar diprioritaskan, khususnya terkait kepingan KTP mengingat memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.
 
"Saya sudah cek ke Kementerian, ternyata sudah banyak stok berjuta-juta keping KTP baru. Saya minta ke Pak Direktur (Jenderal Kependudukan) untuk memprioritaskan pemenuhan di Jawa Barat," ungkapnya.
 
Dia menargetkan, pada Maret 2019 ini seluruh warga Jawa Barat sudah dapat mengantongi KTP secara menyeluruh. Dengan begitu, yang dimiliki oleh mereka bukan lagi KTP sementara berupa kertas. 
 
"Mudah-mudahan sebelum Maret sudah selesai yang sudah daftar-daftar (melakukan perekaman)," harap Emil.