Gandeng Ray-Ban, Facebook Siapkan Kacamata Pintar

Gandeng Ray-Ban, Facebook Siapkan Kacamata Pintar
istimewa

INILAH, San Francisco - Menggandeng brand kacamata ternama Ray-Ban, Facebook menyebut bahwa smart glass alias kacamata pintar pertama mereka untuk konsumen bakal rilis tahun depan.

Masih belum jelas fitur apa yang akan diusung perangkat tersebut, namun Facebook telah mengonfirmasi kepada The Verge bahwa kacamata pintar mereka itu tak akan diklasifikasikan sebagai perangkat AR, dan tidak akan memiliki layar terintegrasi.

Hal itu kemungkinan menunjukkan bahwa perangkat tersebut lebih dekat dengan Snap Spectacles atau mungkin Echo Frames milik Amazon.

Facebook mengatakan, kacamata pintar untuk konsumen itu akan menambah keseluruhan pekerjaan di AR, yang kini termasuk prototipe penelitian eksperimental yang disebut Project Aria, yang lebih mirip sepasang kacamata AR.

Mulai September ini, Facebook mengatakan akan mulai menguji Aria di dunia nyata dengan karyawan dan kontraktor Facebook untuk menyelesaikan masalah sulit seputar privasi, perekaman video dan desain.

Selama beberapa tahun belakangan, Facebook telah mengutarakan rencana untuk membuat perangkat AR yang menyerupai kacamata pada umumnya, dan kini perusahaan media sosial tersebut bekerja sama dengan Ray-Ban untuk merancang bingkai kacamata pintar pertamanya, membenarkan rumor musim gugur lalu yang menyebut bermitra dengan merek kacamata asal Italia.

"Kami sangat ingin menjelajahi perangkat yang dapat memberikan cara yang lebih baik kepada orang-orang untuk terhubung dengan orang-orang terdekat mereka. Perangkat yang dapat dikenakan berpotensi melakukan itu," ujar Andrew Bosworth, Vice President of the Reality Labs Division, milik Facebook.

"Kami memiliki mitra yang sama ambisiusnya yang akan meminjamkan keahlian dan katalog brand kelas dunia mereka ke kacamata pintar pertama yang benar-benar modis," dia menambahkan.

Facebook belum mengungkap detail apa pun, termasuk nama, seperti apa tampilan di luar prototipe Project Aria, maupun harga dari kacamata pintar tersebut, demikian laporan The Verge.(inilah.com)