Ini Cara Rasul Salat Sambil Menggendong Cucunya

Ini Cara Rasul Salat Sambil Menggendong Cucunya
Ilustrasi/Net

SIAPA sih orang yang paling khusyu' salatnya di dunia ini? Pasti kita sepakat menjawab bahwa nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam adalah orang yang paling khusyu' dalam salat. Maka definisi dan standarisasi khusyu' yang benar hanyalah semata-mata yang paling sesuai dengan salat beliau.

Kita tidak dibenarkan untuk membuat definisi dan standar salat khusyu' sendiri menurut logika serta khayal kita. Sebab nanti akan muncul ribuan bahkan jutaan definisi salat khusyu' yang sangat beragam, bahkan satu dengan lainnya saling bertolak-belakang.

Padahal satu-satunya rujukan dalam masalah salat hanyalah apa yang pernah dikerjakan oleh Rasulullah. Bahkan beliau tegaskan lagi dengan sabdanya, "Salatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku salat."

Maka gambaran shalat khusyu' itu perlu kita pahami secara lebih luas, tidak terbatas pada bentuk-bentuk yang selama ini umumnya dipahami orang. Sebab kenyataannya begitu banyak fakta yang menunjukkan bahwa Rasulullah melakukan salat dengan berbagai keadaan, di antaranya:

Menggendong Bayi

Rasulullah pernah salat sambil menggendong bayi. Rasanya kita mungkin malah belum pernah seumur-umur salat sambil menggendong bayi. Bahkan mungkin sebagian kita malah akan bilang bahwa salat sambil menggendong bayi itu tidak sah. Dan kalau baru urusan sah saja pun tidak, apalagi khusyu'.

Namun kita menemukan hadis-hadis yang shahih yang menggambarkan bagaimana Rasul salat sambil menggendong cucunya.

"Dari Abi Qatadah bahwa Rasulullah pernah salat sambil menggendong Umamah binti Zainab bin Rasululah." (HR. Muslim)

Dari Abi Qatadah radhiyallahuanhu berkata, "Aku pernah melihat Nabi mengimami orang salat, sedangkan Umamah binti Abil-Ash yang juga anak perempuan dari puteri beliau, Zainab berada pada gendongannya. Bila beliau ruku' anak itu diletakkannya dan bila beliau bangun dari sujud digendongnya kembali." (HR. Muslim)