Persib Makin Siap Menatap Liga 1

Persib Makin Siap Menatap Liga 1
Istimewa

INILAH, Bandung - Persib Bandung menunjukan kesiapannya menghadapi Liga 1 2020. Terbukti, tim berjulukan Maung Bandung ini terus menunjukan hasil positif di setiap laga uji cobanya.

Saat pertama kali uji coba melawan Tira Persikabo, Supardi Nasir dan kawan-kawan hanya mampu bermain imbang meski menjalani dua kali pertandingan. Laga pertama berakhir 0-0 dan laga kedua berakhir 2-2. 

Kini, Persib berhasil meraih kemenangan di laga uji coba yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (19/9/2020). Tak tanggung-tanggung skor yang dihasilkan cukup besar. 

Laga pertama melawan tim Liga 3 yakni Mandala Majalengka FC, Pangeran Biru menang dengan skor telak 26-0. Sementara di laga kedua melawan tim yang juga bermain di kasta ketiga yakni Bandung United, menang dengan skor 5-1. 

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengatakan untuk pertandingan pertama melawan Mandala Majalengka FC sedikit diluar dugaan. Dia mengira timnya akan mendapatkan perlawanan. 

"Saya rasa Mandala terkejut dengan kecepatan yang kami mainkan. Pelajaran yang bagus untuk mereka dan bagus juga untuk tim yang bermain di laga pertama karena mereka terus melaju dan menjaga momentum untuk terus memainkan bola ke depan. Mentalitas yang bagus," kata Robert usai pertandingan.

Sementara di laga kedua, pelatih asal Belanda ini mengaku sudah memperkirakan bahwa Bandung United akan menyulitkan timnya. Terbukti di babak pertama, skor kedua tim berakhir imbang 1-1. 

"Kami tahu Bandung United mempunyai pemain yang bagus karena mereka dihuni pemain yang secara usia seharusnya sudah bermain di tim kami. Dan tentunya ini apa yang mereka butuhkan, turun berlaga di pertandingan. Spirit yang bagus dari Bandung United dan kami juga ingin membantu mereka kembali ke Liga 2 secepatnya dan mereka butuh laga ini," tuturnya. 

Selain itu, para pemain Bandung United juga tampil sangat impresif. Bahkan menunjukan keinginan kuat untuk bisa bermain di Persib Bandung. 

"Mereka memimpin di awal dengan pergerakan yang mengejutkan dan tim kami agak belum siap untuk itu, pelajaran yang bagus bagi kami," katanya.

Namun, di babak kedua, tim satelit Persib Bandung itu melakukan perubahan pada komposisi pemainnya. Sementara Pangeran Biru masih mempertahankan komposisi pemain sejak awal pertandingan. 

"Kami sedikit mengubah pendekatan permainan dan itu terbayar karena mencetak banyak gol di 10-15 menit akhir," bebernya. 

Meski demikian, Robert tetap memuji penampilan Bandung United. Dia memastikan akan mendukung agar bisa promosi ke Liga 2 musim depan. 

"Kami juga akan bermain lagi melawan Bandung United akhir pekan depan dan saya rasa akan ada perbedaan untuk pertemuan nanti. Karena tim kami sudah berada di level permainan yang berbeda. Awalan bagus untuk Bandung United dan kami harus tetap mendukung mereka promosi ke Liga 2 secepatnya," tegasnya.

Akan tetapi, Robert tak sepenuhnya puas. Menurutnya masih banyak kekurangan yang harus segera diperbaiki. Sehingga Persib bisa tampil maksimal di Liga 1 2020. 

"Di setiap laga harus ada perbaikan. Tentu dari pertandingan pertama (melawan Mandala Majalengka FC) saya tidak tahu apa yang harus diperbaiki. Tapi di laga kedua tentunya masih harus dibenahi efisiensi transisi dari bertahan ke menyerang karena masih terlalu lambat hari ini," katanya. 

Seharusnya kata Robert, para pemainnya bisa lebih cepat dalam menentukan keputusan saat melakukan permainan. Karena itu dia berharap kekurangan itu akan segera diperbaiki. 

"Akhir pekan depan (26/9/2020) kami hanya akan beruji coba melawan PON dan Bandung United lagi," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)