BCA Salurkan Donasi Rp280 Juta untuk Nelayan Pangandaran

BCA Salurkan Donasi Rp280 Juta untuk Nelayan Pangandaran
istimewa

INILAH, Bandung - Sebagai lembaga perbankan yang erat kaitannya dengan masyarakat Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk selalu memberikan nilai tambah kepada nasabah dan masyarakat. 

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati menuturkan, selain menciptakan inovasi dalam layanan perbankan, BCA juga senantiasa berkontribusi kepada masyarakat melalui Bakti BCA yang terdiri dari tiga pilar utama. Yakni Solusi Cerdas, Solusi Sinergi, dan Solusi Bisnis Unggul. Kali ini, BCA mewujudnyatakan komitmen tersebut melalui dukungan terhadap program Nelayan Berseri Laut Lestari. 

Menurutnya, program Nelayan Berseri Laut Lestari merupakan program yang diinisiasi Susi Pudjiastuti sebagai Founder Pandu Laut Nusantara bersama Metro TV dan Benihbaik.com. BCA mendukung program ini melalui pemberian donasi sebesar Rp280 juta yang direalisasikan menjadi kapal-kapal baru dengan kualitas yang sangat baik bagi para nelayan yang membutuhkan. 

Dia menyebutkan, melalui donasi itu BCA membantu nelayan memperoleh kapal dan alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan sehingga dapat kembali melaut. Hadir dalam seremoni penyerahan donasi tersebut Kepala BCA KCP Banjar Sukir, Founder Pandu Laut Nusantara Susi Pudjiastuti, serta perwakilan nelayan di Pantai Rengganis Pangandaran, akhir pekan lalu.

“Tak dapat dipungkiri bahwa nelayan memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga ekosistem perikanan dimana hal ini juga sangat penting untuk meningkatkan ekonomi, juga gizi masyarakat. Kita ketahui saat ini, beberapa kapal yang digunakan nelayan masih ada yang belum memenuhi standar layak serta belum menggunakan alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan sehingga pencarian ikan kurang optimal. Hal ini tentu berdampak bagi kehidupan nelayan dan keluarganya, mengingat mencari ikan di laut merupakan tumpuan hidup para nelayan. Dalam rangka mendukung nelayan memanfaatkan waktunya untuk melaut secara optimal, BCA memberikan donasi melalui program Nelayan Berseri Laut Lestari,” tutur Inge.

Dia menambahkan, pandemi Covid-19 turut membatasi aktivitas nelayan saat ini. Pandemi yang melanda sebagian besar negara di dunia, termasuk Indonesia, perlu ditanggapi dengan cermat. Selain mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan, semangat serta dukungan bagi satu sama lain sangat dibutuhkan. BCA bertekad untuk terus mendampingi Indonesia dalam melawan pandemi Covid-19. Selain membantu nelayan memperoleh kapal layak yang baru, BCA juga kerap menyalurkan bantuan berupa APD kepada sejumlah rumah sakit dan Puskesmas, memberikan masker kepada masyarakat, serta mendukung program pemerintah lainnya.

“Pemberian kapal-kapal baru kepada nelayan diharapkan dapat mendukung keseharian nelayan untuk melaut secara optimal. Kami juga berharap kegiatan ini dapat kembali mendorong semangat para nelayan serta mendorong roda perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19, khususnya melalui industri perikanan,” ujarnya. (*)