Warga Belum Perekaman e-KTP di Jabar Kurang Dari 1 Persen Lagi

Warga Belum Perekaman e-KTP di Jabar Kurang Dari 1 Persen Lagi
INILAH, Bandung-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Jawa Barat, Heri Suherman mengatakan, kurang dari 1 persen lagi dari 33,6 juta penduduk wajib Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang belum melakukan perekaman e-KTP. Pihaknya memastikan seluruhnya tuntas pada awal Maret 2019 ini. 
 
Disampaikan, proses perekaman dan pencetakan sedang dikebut, sehingga setiap hari otomatis jumlahnya berkurang.
 
"Angkanya yang belum perekaman diperkirakan sampai saat ini itu sekitar sudah kurang dari 300 ribu. Dan itu dikebut terus perekaman dan pencetakan dengan target di awal Maret itu sudah tuntas semuanya," ujar Heri, Rabu (6/2/2019)
 
Dia katakan, ada tiga daerah yang paling minim sehingga harus dikebut agar segera rampung. Adapun daerah tersebut, yakni Kabupaten Kawarang, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Indramayu.
 
"Itu yang sekarang dikebut. Bahkan pencetakannya pun tidak hanya di Kabupaten karawang tapi di jakarta, dibantu oleh Kemendagri untuk pencetakannya," katanya.
 
Target tuntas pada Maret ini, menyusul akan berlangsungnya Pilpres dan Pileg 2019 pada April nanti. Selain itu, pihaknya juga ingin secepat mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat. 
 
"Dan memang kalau pun tidak menghadapi pemilu harus cepat juga pelayanan kepada masyarakat. Apalagi menuju pemilu," katanya.
 
Detahui, Gubernur Jabar Ridwan Kamil membentuk tim yang dipimpin Heri, untuk melayani keluhan masyarakat terkait pembuatan e-KTP. Tim tersebut, kata dia, bertugas menyupervisi kinerja Disdukcapil kabupaten/kota dalam proses pembuatan e-KTP kemudian memetakan masalahnya. 
 
"Ada juga tim khusus kecil di Disdukcapil provinsi. Ini menampung pengaduan pengaduan untuk segera direspon dan ditindaklajuti," pungkasnya.