Baru 16 Tahun, Sudah Kuliah di Unikom Bandung

Baru 16 Tahun, Sudah Kuliah di Unikom Bandung

INILAH, Bandung - Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menggelar penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 dan sekaligus melaksanakan Dies Natalis Unikom yang ke-20, secara virtual melalui akun Youtube Unikom, Senin (21/9/2020).

Ada sekitar 3.071 mahasiswa baru yang berasal dari tujuh fakultas dan 28 program studi (Prodi) yang ada dilngkungan Unikom. Semua mahasiswa baru ini berasal dari berbagai wilayah yang ada di tanah air dan juga mancanegara.

Mahasiswa baru termuda Unikom berusia 16 tahun, dari prodi akuntansi. Sementara mahasiswa baru tertua untuk jenjang sarjana berusia 28 tahun dari prodi sistem informasi.

"Saya berharap bahwa mahasiswa baru dapat melaksanakan studi sebaik-baiknya dan mengukir prestasi seperti yang telah dilakukan oleh kakak-kakak angkatan sebelumnya. Dimana mereka membangun prestasi baik di kancah nasional hingga internasional," ujar Rektor Unikom, Eddy Soeryanto Soegoto.

Eddy menuturkan menjadi mahasiswa adalah tingkatan tertinggi dalam tahapan sebagai siswa. Karenanya, jadikan mahasiswa yang aktif dan menginspirasi perluasalah pengalaman selama menempuh studi dan gunakan etika serta sikap yang baik.

Jadikan rasa bangga di dada sebagai motivasi untuk terus memberikan yang terbaik. Memang tidak bisa dipungkiri naik turunnya sebuah perjalanan pasti ada, namun yang penting adalah bangkit usai terjatuh dan tetap semangat seperti layaknya hari pertama menginjakkan kaki di kampus ini. Berbesar hatilah jangan merasa sendiri dan jangan ragu bertanya kepada dosen, karyawan dan kakak-kakak mahasiswa yang lebih senior.

"Mari kita menjaga amanah ini dengan baik. Kita semua memiliki peran atas transformasi para mahasiswa baru menjadi insan yang semakin baik dan memiliki intelektualitas tinggi, memiliki integritas yang baik memiliki akhlak yang baik, serta karakter yang baik. Mari bersama-sama kita membimbing mereka dengan peran yang kita miliki masing-masing," tutur Eddy.

Dia menambahkan mahasiswa akan belajar dengan kurikulum yang berbasis dengan teknologi informasi dan komunikasi dan kewirausahaan. Sehingga pada saat lulus, mereka akan piawai menggunakan ilmu sesuai prodi masing-masing, juga menjadi para ahli yang piawai menggunakan teknologi informasi dan dapat menjadi enterpreneur-entrepreneur baru.

Menurut Eddy, memasuki Unikom berarti memasuki perguruan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan enterpreneurship. Mahasiswa baru harus memiliki strategi belajar yang baik agar sukses dalam studi.

"Apa saja strategi belajar yang harus dilakukan agar sukses dalam studi ini. Pertama, harus selalu mendahulukan yang penting, jadi setelah penting itu dilakukan, maka mereka bisa melakukan hal lainnya. Kedua, mahasiswa harus pro aktif pada saat kuliah jangan pasif. Mahasiswa yang pro aktif terbukti memiliki nilai yang baik pada saat ujian akhir. Ketiga, harus rajin ulet dan tekun. Tidak ada orang sukses apabila dia malas," tambahnya. (Okky Adiana)