Tak Sia-sia, Stadion Purnawarman Dirancang jadi Sport Center Bertaraf Internasional

Tak Sia-sia, Stadion Purnawarman Dirancang jadi Sport Center Bertaraf Internasional
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta saat ini tengah merancang Stadion Purnawarman yang berlokasi di Kelurahan Sindangkasih, Kecamatan Purwakarta supaya menjadi pusat olahraga (Sport Center) bertaraf internasional. Saat ini, progress pembangunannya telah mencapai 37 persen.

“Alhamdulillah, ini semua berkat Ambu Anne yang terus mensupport supaya bidang olahraga di Purwakarta terus berkembang,” ujar Kepala Bidang Olahraga pada Disporaparbud Purwakarta Iwsan Kartiwan kepada INILAH di kantornya, Selasa (22/9/2020).

Iwan menuturkan, renovasi stadion ini dimulai sejak awal April 2020 lalu. Penataan ini, ditargetkan rampung pada Desember 2020. Pihaknya optimis, proses penataan ini akan terkejar sesuai target. Karena, sesuai kesepakan bersama pihaknya mendorong supaya pihak pelaksanaan bisa menambah peralatan dan jam kerja sehingga prosesnya lebih cepat.

Iwan menjelaskan, saat ini renovasi stadion terfokus pada empat titik, yakni drainase, rumput, trek atletik, dan lampu stadion. Nantinya pun, Stadion Purnawarman ini bakal dilengkapi dengan tempat tiket dan merchandise.

“Untuk rumput, kita pakai matrela yang setara seperti di Jalak Harupat matrela. Kemudian, trek atletik akan dibuat setara stadion Padjadjaran,” jelas dia. 

Ketika disinggung terkait perbaikan tribun penonton, Iwan mengatakan hanya dilakukan pada sisi barat dan sisi timur. Sedangkan, kapasitas penontonnya masih tetap, yakni 2.500 penonton di barat dan 500 penonton di timur. Untuk operasionalnya sendiri, mungkin akan dimulai pada April 2021. 

“Karena, karena rumput harus terjaga dulu. Jadi, setelah tiga bulan selesai baru bisa dipakai,” kata Iwan seraya menegaskan jika Stadion itu kedepan hanya diperbolehkan untuk pertandingan liga berkelas saja. 

Sebenarnya, Iwan melanjutkan, awalnya pihaknya pesimistis jika penataan stadion bisa dilakukan tahun ini. Apalagi, anggaran yang ada tersedot untuk penanganan Covid-19. Memang, pengerjaannya bisa dilakukan tahun ini, namun pembayarannya dilakukan tahun depan. 

“Alhamdulillah pembangunan ini bisa berjalan lancar hasil jasa Bupati Purwakarta. Ambu Anne terus mensupport dan mengusulkan ke pak gubernur supaya anggaran renovasi stadion ini bisa dicairkan di 2020 yang semula bakal cair di 2021,” kata dia. 

Terkait anggaran yang dialokasikan untuk renovasi ini, sebesar Rp 25 miliar. Anggaran tersebut, difokuskan ke penataan stadionnya. Karena, untuk arena olahraga lainnya sudah tersedia sebelumnya. Misalnya, lapang basket in door, bulu tangkis, Tenis, lapangan futsal, arena perisai diri dan kolam renang indoor bertaraf internasional. 

“Jadi, stadion itu tidak hanya difungsikan satu cabang olahraga saja. Tapi, nantinya ada fasilitas tambahan seperti arena olahraga atletik, trek jogging dan penambahan tribun penonton,” pungkasnya. (Asep Mulyana)