36 Aparat Polisi Ditugaskan Jadi Pengawal Pribadi Para Paslon Pilbup Bandung 2020

36 Aparat Polisi Ditugaskan Jadi Pengawal Pribadi Para Paslon Pilbup Bandung 2020
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Pascapenetapan pasangan calon (paslon), mereka berhak mendapatkan pengawalan pribadi yang melekat dari pihak Kepolisian. Pengawal pribadi itu yakni para petugas dari Polresta Bandung yang terlatih dan profesional.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, pengawal pribadi yang disiapkan untuk masing-masing paslon ini ada sebanyak 36 anggota dibagi menjadi tiga regu. 

"Setiap paslon mendapat pengawalan dari 12 orang personel. Satu regu dibagi dua masing-masing enam personel. Jadi misal untuk calon bupati dikawal enam personel dan wakil bupatinya juga enam personel," kata Hendra usai penyerahan SK pengawalan pribadi paslon di Kantor KPU Kabupaten Bandung, Soreang, Rabu (23/9/2020).

Dia menegaskan, para pengawal pribadi itu merupakan petugas yang sudah mendapatkan pelatihan khusus cukup lama sebelum tahapan Pilkada dimulai. 

"Semua Polisi rata-rata terlatih semua, tapi pengawal pribadi ini lebih khusus lagi ada penekanan bagaimana paslon bisa terfasilitasi semua kegiatannya dan bagaimana paslon bisa merasa nyaman. Termasuk bagaimana keselamatan dan keamanan masing-masing paslon," ujarnya.

Mereka diakuinya dilengkapi dengan persenjataan dan akan mengawal setiap paslon mulai hari ini hingga pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih periode 2021-2026.

"Setelah pelantikan selesai baru dibubarkan. Jad,i mulai hari ini mereka tidak melaksanakan tugas kepolisian yang lain. Mereka khusus pengawalan paslon saja. Untuk menjadi pengawal pribadi ini seleksinya sesuai kebutuhan. Sesuai spesifikasi masing-masing," katanya. (Dani R Nugraha)