Rektor Harapkan Ika Unpad Dukung Hilirisasi Produk Riset dan Inovasi

Rektor Harapkan Ika Unpad Dukung Hilirisasi Produk Riset dan Inovasi
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Rina Indiastuti mengharapkan Ikatan Alumni (Ika) Unpad dapat berkontribusi dalam peningkatan kinerja Unpad sebagai PTN berbadan hukum. 

Menurutnya, Ika Unpad diharapkan mampu melebarkan jejaring sehingga Unpad bisa mencari mitra untuk mengakselerasi kinerja akademiknya.

"Dengan membangun jejaring, Unpad diharapkan bisa mencari mitra, baik industri maupun korporasi, dalam upaya menghilirisasi produk riset dan inovasi. Tanpa adanya jejaring yang luas, upaya ini akan sulit dilakukan. Ada hasil riset dan inovasi, ingin dihilirisasi, maka mereka (Ika Unpad) bisa mencarikan industri yang akan menggunakan ini,” kata Rina, Rabu (23/9/2020).

Selain membangun jejaring, dia juga mengharapkan Ika menjadi rumah bagi para alumni Unpad. Adanya Ika Unpad diharapkan menjadi penyambung bagi ratusan ribu alumni yang tersebar di berbagai wilayah, sehingga para alumni masih menjadi bagian dari keluarga besar Unpad.

“Jadi ketika mereka sudah lulus pun, mereka punya rumah Ika Unpad. Jadi bisa temu kangen di situ, mengingat masa-masa kuliah di situ, atau sama-sama ngapungkeun Unpad lewat Ika,” katanya.

Proses sertijab dilakukan langsung Ketua Umum Ika Unpad 2016-2020 Hikmat Kurnia kepada Ketua Umum Ika Unpad terpilih 2020-2024 Irawati Hermawan. Proses sertijab tersebut ditandai dengan penyerahan hasil Musyawarah Besar (Mubes) Ika Unpad yang dilaksanakan pada 11-13 September lalu. 

Hasil Mubes tersebut berupa dokumen Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) yang sudah dilakukan pembahasan dan penyempurnaan hingga rekomendasi program kerja yang bisa dilaksanakan. Karena itu, hasil Mubes bisa menjadi acuan untuk menjalankan program kerja Ika Unpad ke depan. (Okky Adiana)