Robert Alberts Tunggu Kejelasan Mengenai Aturan Pergantian 5 Pemain di Liga 1 2020

Robert Alberts Tunggu Kejelasan Mengenai Aturan Pergantian 5 Pemain di Liga 1 2020
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts belum mau berkomentar mengenai aturan pergantian lima pemain di Liga 1 2020. 

Pasalnya aturan yang diadopsi dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) ini belum secara resmi diputuskan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi. 

"Apa yang saya terima pagi ini, masih belum jelas bagaimana. Interpretasi dengan menggunakan bahasa Indonesia belum dipahami oleh tim pelatih kami, maka dari itu mereka juga belum bisa menerjemahkan ke bahasa Inggris yang baik saat ini," kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu (23/9/2020).

Karena itu, pelatih asal Belanda ini mengaku masih perlu melihat lebih jelas aturan mengenai pergantian lima pemain di setiap laga Liga 1 2020. Menurutnya perlu keterangan resmi dari PT LIB.

"Dalam situasi saat ini, dengan perjalanan dan padatnya jadwal tentunya pemakaian pergantian pemain sangat berguna," katanya.

Apalagi, lanjutnya, peraturan pergantian lima pemain sudah diterapkan di Eropa dan belahan dunia lainnya. Hasilnya berjalan cukup positif. 

"Jika kami bisa melakukan lima pergantian seperti peraturan di Eropa atau belahan dunia lainnya itu positif, karena akan menghadapi musim kompetisi yang sangat sibuk, lima bulan sejak Oktober nanti. Jadi lima pergantian tentu bagus tapi bagaimana bisa melakukan itu, kami masih menunggu klarifikasi," jelasnya. (Muhammad Ginanjar)