Ratusan Rumah di Kab Bogor Rusak Diterjang Angin Kencang, Hujan Es dan Salju

Ratusan Rumah di Kab Bogor Rusak Diterjang Angin Kencang, Hujan Es dan Salju
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor- Ratusan unit rumah baik tetap maupun hunian sementara di Kecamatan Dramaga dan Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor mengalami kerusakan akibat bencana alam angin kencang disertai hujan es.

Bencana angin kencang dan hujan es bahkan bersalju tersebut terjadi Rabu sore hingga malam, (23/9). Cuaca ekstrim ini membuat para korban bencana alam ini mengungsi ke rumah tetangga, musholla, masjid maupun gedung lainnya.

"Telah terjadi bencana alam karena angin puting beliung yang dibarengi hujan besar dan bersalju pada Selasa,  pukul 17.00 WIB, yang  terjadi di Desa Purwasari RT 01 RW 02  dan Desa Petir (4 RW), Kecamatan Dramaga," ucap Camat Dramaga Ivan kepada wartawan.

Ia menerangkan dampak buruk bencana alam hujan es dan salju tersebut, ratusan unit rumah di wilayahnya mengalami kerusakan ringan hingga berat. Selain itu beberapa pohon juga tumbang.

"Ada 100 unit rumah rusak ringan hingga berat dan untungnya tidak ada korban jiwa. Para korban bencama alam ini kami evakuasi ke tempat lebih aman sementara prakiraan jumlah kerugian masih dalam perhitungan," terangnya.

Di Kampung Cipandawa, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya. Beberapa unit Huntara juga mengalami kerusakam akibat angin kencang yang disertai hujan deras.

"Kejadian bencana alam angin kencang disertaui hujan  deras terjadu tadi sore pukul 17.30 WIB, beberapa unit Huntara rusak terbawa angin kencang," ujar Camat Sukajaya, Rosyidin.

Mantan Camat Pamijahan ini menjelaskan saat ini jajarannya dibantu Pemerintah Desa Cileuksa, RT maupun RW masih melakukan pendataan jumlah korban mapun prakiraan kerugian materil.

"Untuk sementara pengungsi yang unit Huntaranya rusak tinggal di unut Huntara tetangganya yang tidak rusak, selain itu juga ada yang mengungsi ke mushola atau lokasi lainnya yang dianggap aman. Untuk korban jiwa, Alhamdulillah tidak ada," jelasnya. (Reza Zurifwan)