Jual-Beli TikTok di AS Ditaksir Capai US$60 Miliar

Jual-Beli TikTok di AS Ditaksir Capai US$60 Miliar
istimewa

INILAH, New York - ByteDance diperkirakan akan mendapatkan US$60 miliar dari kesepakatan bisnis TikTok dengan Oracle Corp dan Walmart Inc di AS.

Bloomberg mewartakan, Oracle dan Walmart akan membayar secara gabungan sebesar US$12 miliar untuk kepemilikan mereka, jika mereka sepakat dengan harga US$60 miliar yang diminta ByteDance.

Oracle akan mendapatkan saham sebesar 12,5 persen di TikTok Global, perusahaan baru yang akan bermarkas di AS.

Oracle akan menyimpan data pengguna aplikasi tersebut di dalam negeri, di sistem komputasi awan alias cloud yang memenuhi aturan keamanan nasional AS.

Sementara perusahaan ritel Walmart akan memegang kepemilikan sebesar 7,5 persen.

ByteDance, TikTok, Walmart, dan Oracle tidak berkomentar atas laporan ini.

Valuasi final dari kesepakatan bisnis ini belum diketahui karena ketiga perusahaan masih menghitung struktur kepemilikan saham dan langkah untuk keamanan data.

Sebelumnya diberitakan bahwa Presiden Donald Trump mendukung kesepakatan yang akan memungkinkan TikTok untuk terus beroperasi di AS, meskipun tampaknya bertentangan dengan perintah sebelumnya untuk melarang aplikasi tersebut ada di toko aplikasi di negara itu.

Masih belum jelas apa yang mendorong Gedung Putih untuk berkompromi dengan keinginannya untuk penjualan TikTok secara langsung. Namun, kesepakatan itu telah memenuhi 'America First' yang selama ini digaungkan Trump.

Sebelumnya, ByteDance setuju untuk menciptakan 25.000 lapangan pekerjaan baru di TikTok AS, naik 1.000 dari sebelumnya. (inilah.com)