Suami Bupati Bogor Ade Yasin Dua Tahun Melawan Kanker Paru

Suami Bupati Bogor Ade Yasin Dua Tahun Melawan Kanker Paru
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Cibinong- Dua tahun berjuang mengobati penyakit kanker parunya, suami Bupati Bogor Ade Yasin yaitu Aiptu (Pol) Yanwar Permadi bin Muhammad Salim akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD Ciawi.

Almarhum Aiptu (Pol) Yanwar yang saat ini bertugas sebagai Ketua Primkoppol Bogor ini sempat menjalani perawatan yang intens di salah satu rumah sakit di Kota Guangzhou, RRC  dan sempat membaik hingga penyakit kanker paru-paru stadium empatnya dinyatakan tinggal 5 persen oleh seorang profesor dan dokter di rumah sakit tersebut.

"Almarhum kakak ipar saya sejak dua tahun lalu sudah 6 kali bolak-balim perawatan penyakit kanker paru-paru di salah satu rumah sakit spesialis kanker di Kota Guangzhou, RRC dan dinyatakan tinggal 5 persen penyakitnya, namun karena sejak Bulan Februari tahun ini RRC di lock down untuk kunjungan maka penyakit kanker paru-parunya menyebar lagi hingga semalam pas tengah malam di koma, lalu satu jam kemudian meninggal dunia," kata Zaenul Mutaqin kepada wartawan, Kamis, (29/9).

Ketua DPC PPP Kota Bogor dan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ini menerangkan selama tujuh bulan terakhir, almarhum kakak iparnya dirawat inap dan jalan di RS Siloam,Jakarta.

"Disini selama tujuh bulan terakhir juga bolak-balik menjalani perawatan di RS Siloam, Jakarta dan meminum obat kiriman dari RS Guangzhou, RRC namun karena teknologi berobatnya berbeda dan lebih canggih di RRC, maka penyakit kanker paru-parunya menyebar lagi," terangnya.

Zaenul menjelaskam selama dua tahun menjalani perawatan atas penyakit kanker paru-parunya  almarhum Aiptu (Pol) Yanwar memiliki semangat yang sangat tinggi untuk bisa sembuh.

"Beliau fighter atau melawan terhadap penyakit kanker paru-parunya, dia ingin sekali sembuh karena sosoknya memang sangat mencintai keluarga," jelas Zaenul.

Ia menuturkam bahwa setelah disholatkan di Masjid Baitul Faizin Komplek Pemda-Bogor maka akan dikebumikan pada pukul 10.00 WIB di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pondok Rajeg, Cibinong.

"Beliau dimakamkan di TMP Pondok Rajeg, Cibinong karena sebelumnya mendapatkan penghargaan  Satyalancana Karya Satya dari Presiden Joko Widodo karena mengabdi di kepolisian selama 25 tahun tanpa cacat," tuturnya.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan yang mewakili Pemkab Bogor dan keluarga memohon maaf kepada seluruh masyarakat dan meminta doa agar beliau diampuni segala dosanya, diterima iman Islamnya dab diberikan ditempat yang paling layak di sisi Allah SWT.

"Almarhum ini bagian dari Pemkab Bogor karena selama kurang lebih dua tahun ini ikut mendampingi Ade Yasin sebagai Bupati Bogor, mari kita doakan agar beliau diampuni segala dosanya, diterima iman Islamnya dab diberikan ditempat yang paling layak di sisi Allah SWT," ungkap Iwan. (Reza Zurifwan)