Inseminasi Buatan Dongkrak Populasi Hewan Ternak di Purwakarta

Inseminasi Buatan Dongkrak Populasi Hewan Ternak di Purwakarta
net

INILAH, Purwakarta - Program-program yang digulirkan Pemkab Purwakarta di sektor peternakan ternyata cukup membuahkan hasil. Tak heran, saat ini tren pengembangan hewan ternak di wilayah tersebut telah menunjukan peningkatan cukup signifikan. Salah satunya hewan jenis sapi.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta Buddy Supriyadi membenarkan populasi hewan ternak jenis sapi di wilayahnya meningkat tajam dalam kurun beberapa tahun terakhir. Hingga 2019, kata dia, populasinya mencapai 15 ribu ekor.

“Setiap tahun populasinya terus meningkat. Di 2018, angkanya di kisaran 12 ribu ekor. Namun di 2019, itu naik lagi jadi 15 ribu ekor,” ujar Buddy kepada INILAH, Kamis (24/9/2020).

Menurut Buddy, salah satu faktor pendongkrak populasi sapi ini yakni melalui program inseminasi buatan (IB) yang terus digalakan oleh pemerintah. ‎Kedepan, diharapkan untuk kebutuhan sapi daerahnya tak perlu lagi mengandalkan hewan ternak kiriman dari daerah lain.

“Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan daging sapi, Purwakarta masih mendatangkan sapi-sapi dari lua daerah. Seperti, dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dengan terus meningkatnya populasi sapi ini, diharapkan kedepan justru kita yang menjadi penyuplai,” harap dia.

Buddy mengakui, sejauh ini pihaknya terus mendorong para peternak sapi supaya lebih produktif lagi. Salah satunya melalui program upaya khusus swasembada sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab).

“Program IB ini ‎sangat efektif, baik secara kuantitas maupun kualitas hewan sapi yang dihasilkannya,” kata dia.

Dia menambahkan, di wilayah ada beberapa daerah yang potensial untuk pengembangan hewan ternak jenis sapi ini. Di antaranya, Kecamatan Tegalwaru, Maniis, Sukasari, Campaka dan Kecamatan Cibatu. Pihaknya, terus mendorong para peternak sapi supaya lebih produktif lagi.

Buddy menambahkan, selain sapi hewan ternak seperti domba dan kambing pun populasinya meningkat dari tahun ke tahun. Untuk domba, saat ini populasinya mencapai lebih dari 5 juta ekor. Sentra peternakan domba sendiri, tersebar di beberapa kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Wanayasa, Bojong dan Darangdan.

“Kalau jenis kambing, hingga akhir 2019 kemarin populasinya sekitar 316 ribu ekor,” pungkasnya. (Asep Mulyana)