Inovasi Bisnis Produsen Jersey di Tengah Pandemi

Inovasi Bisnis Produsen Jersey di Tengah Pandemi
Foto: Doni Ramdhani

INILAH, Bandung - Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif terhadap seluruh pelaku usaha. Tak terkecuali, Elastico 7 sebagai brand lokal asal Bandung yang biasa memenuhi kebutuhan produk fesyen olahraga. 
    
Guna menjamin keberlangsungan bisnisnya, owner Elastico 7 Rizky Oktarahman dan manajemen berpikir keras untuk terus berinovasi. Saat pandemi ini, produsen jersey itu merilis produk berupa masker dengan beberapa desain ciamik yang relatif diterima masyarakat. 

“Dengan penggunaan bahan yang berkualitas, desain yang elegan dan sporty, masker buatan kita nyaman untuk digunakan. Beberapa lembaga negara menggunakan masker ini untuk digunakan di lingkungan kerja. Bahkan, masker handmade Elastico 7 digunakan Sekretariat Negara Istana Kepresidenan,” kata Rizky di Bandung, Jumat (25/9/2020).

Secara umum, dia menjelaskan brand lokal itu menjadi kebanggaan Indonesia. Selama satu dekade, Elastico 7 mendapat sambutan yang baik dari pecinta olahraga dalam pemenuhan produk sport-fashion, dan mengkhususkan diri pada produk base layer untuk olahraga.

Dia mengisahkan, berawal dari keinginan untuk menerapkan inovasi, berkreatifitas, dan berwirausaha brand  ini memulai bisnis pakaian di bidang olah raga, salah satunya sepak bola dan futsal yang populer di Indonesia. Selama sepuluh tahun ini, sudah banyak tim sepak bola dan futsal bekerja sama. 

“Elastico 7 memiliki visi yang besar, yaitu menjadi perusahaan terdepan penghasil produk-produk olahraga terbaik di Indonesia. Selain itu, menjadikan produk lokal dapat bersaing dengan apparel dari negara lain. Elastico 7 pun sangat diterima di luar negeri, terbukti, pemain Malaysia Safee Sali yang juga membantu memasarkan produk kami di negaranya. Komunitas futsal Indonesia pun menggunakan produk Elastico 7 di Jepang,” tuturnya.

Selain itu, Rizky mengaku salah satu yang tidak terlupakan dan menjadi kebanggaan yakni saat Elastico 7 menjadi sponsor jersey Tim Nasional Indonesia pada ajang Homeless World Cup 2014 di Chile. 

“Saya sangat terharu, karena Elastico 7 bisa bersanding dengan brand terkenal di dunia, dan mengawal perjuangan Timnas di kancah internasional,” tambahnya.

Dari sisi produk, kualitas menjadi hal utama yang dipegang teguh. Produk yang ditawarkan juga beragam dari mulai jersey, kaos kaki, jaket hingga produk andalan Elastico 7 yaitu base layer. Pakaian base layer itu salah satu teknologi baru di bidang tekstil atau pakaian yang paling dekat dengan kulit. Fungsinya untuk menjaga kulit agar tetap kering saat berolahraga. (dnr)