BPN Kabupaten Bogor Genjot Transformasi Digital

BPN Kabupaten Bogor Genjot Transformasi Digital
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Hari agraria dan tata ruang (Hantaru) ke-60 menjadi momen penting untuk kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Bogor untuk terus menggenjot transformasi digital dalam memberi layanan. 

Dalam waktu dekat, BPN Kabupaten Bogor kembali akan meluncurkan dua layanan digital untuk memberi kemudahan dan kenyaman bagi masyarakat. 

"Dua layanan digital yang rencananya akan diluncurkan BPN Kabupaten Bogor yang pertama adalah pengecekan sertifikat secara elektronik. Dengan layanan ini, siapapun yang akan melakukan pengecekan terhadap status tanahnya bisa langsung mengakses melalui aplikasi layanan elektronik dan tidak perlu ke loket," kata Kasubag TU BPN Kabupaten Bogor Noor Azizah kepada wartawan, Jumat (25/9/2020).

Dia menambahkan, untuk mengetahui data bidang tanah itu aman atau tidak, bisa diketahui dengan mengoperasikan layanan pengecekan elektronik yang akan kita siapkan.

BPN Kabupaten Bogor juga telah mengoperasikan aplikasi digital untuk validasi bidang tanah, dimana program tersebut akan  disosialisasikan secara masif agar masyarakat bisa menggunakan untuk keperluan update data tanah yang bisa disinkronkan dengan data yang ada di BPN Kabupaten Bogor. 

“Soal validasi ini penting dan harus disambungkan dengan aplikasi digital berikutnya agar secara perlahan transformasi layanan digital dapat kita berikan secara penuh,“ terang perempuan yang akrab disapa Inung itu.

Dia menjelaskan proses digitalisasi layanan itu nantinya mengarah pada layanan yang praktis misalkan sertifikat hanya satu lembar.

"Maka dari itu penguatan di validasi data bidang tanah sangat penting dan kita terus perbarui sistem agar nanti semua masyarakat pemilik sertipikat tanah bisa mengakses,” jelasnya.

Selain meluncurkan aplikasi pengecekan data lahan, Inung melanjutkan  BPN Kabupaten Bogor juga akan membuat aplikasi pelayanan pengukuran berbasis pemohon. Pemohon bisa memilih siapa petugas ukur yang dikehendaki untuk pengukuran di tanah miliknya.

“Kita tampilkan petugas ukurnya termasuk kualifikasinya, dengan begitu mereka bisa memilih petugas yang menurut mereka kerjanya profesional dan cepat,” lanjut Inung. (Reza Zurifwan)