Puluhan Anjal Dijaring Satpol PP Kabupaten Cirebon

Puluhan Anjal Dijaring Satpol PP Kabupaten Cirebon
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Puluhan anak jalanan (Anjal) yang sering mangkal di lampu merah ditangkap Satpol PP Kabupaten Cirebon. Mereka terjaring dalam operasi Tertib Tuna Sosial, Jumat (25/9/2020). 

Mereka ditangkap disekitar lampu merah sumber dan lampu merah Plered. Puluhan anjal dibawa ke Kantor Satpol PP untuk diberikan pengarahan.

"Seminggu sekali kita lakukan giat tuna sosial dalam rangka penertiban," kata Plt Kabid Tibumtransmas Satpol PP Kabupaten Cirebon Dadang Priono.

Menurutnya, kegiatan sengaja dilakukan untuk menertibkan banyaknya anjal yang selalu nongkrong dipusat keramaian. Disamping mengganggu ketertiban, juga ditakutkan menjadi kluster baru Covid-19. 

"Kami sudah lama amati. Perkumpulan mereka jauh dari protokol kesehatan. Untuk mencegah penularan Covid-19 di komunitas mereka, kita beri arahan untuk memakai masker. Kami juga bagikan masker kepada mereka," jelas Dadang.

Nantinya, mereka yang terjaring akan dikirim ke rumah singgah yang berada di Kecamatan Lemahabang. Selama tujuh hari, mereka akan dibina supaya bisa hidup tertib walaupun berada dijalanan. 

"Wajar kalau anjal banyak di Kabupaten Cirebon. Mereka kadang yang eksodus dari luar daerah. Mungkin karena Covid-19 atau masalah lain. Yang penting, bagaimana caranya keberadaan mereka tertib dan tidak mengganggu kepentingan umum," tukasnya. (Maman Suharman)