HUT ke-210, Kota Bandung Gelorakan Semangat Inovasi dan Kolaborasi Melawan Covid-19

HUT ke-210, Kota Bandung Gelorakan Semangat Inovasi dan Kolaborasi Melawan Covid-19
istimewa

INILAH, Bandung - Bertepatan dengan Hari Jadi ke-210 Kota Bandung, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar upacara peringatan di Plaza Balai Kota Bandung, Jumat (25/9/2020). Peringatan dilaksanakan dengan sederhana dan terbatas menyesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19.

Pada upacara tersebut, Wali Kota Bandung Oded M Danial menjadi inspektur. Turut hadir pada upacara ini, antara lain Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, sejumlah pimpinan dan anggota DPRD Kota Bandung, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, Forkopimda Kota Bandung, serta Kepala dan Perwakilan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

Sebelum mengikuti upacara, para peserta dengan ketat menerapkan protokol kesehatan. Mulai pengecekan suhu tubuh, penempatan posisi peserta upacara dengan tetap menjaga jarak aman serta wajib untuk menggunakan masker.

Saat memberikan sambutan, Oded mengungkapkan Kota Bandung terus bergeliat dan bertransformasi menjadi Kota yang modern. Perbaikan pelayan publik secara berkesinambungan merupakan cara menjawab dinamika masyarakat yang berorientasi akan kemajuan. Tidak hanya secara fisik material juga mental spiritual.

“Namun kini Ibu Pertiwi sedang dilanda pandemi, tatanan kehidupan terganggu, berubah dan terus berganti, akan tetapi Pemerintah Kota Bandung terus hadapi dengan serius, optimis dan pasti. Kita patut bersyukur, nilai-nilai budaya Masyarakat di tengah kondisi seperti ini masih terjaga. Gotong royong, rasa senasib sepenanggungan, serta toleransi menjadi modal bagi seluruh komponen. warga dan Pemerintah bersinergi, bersatu padu, dan pantang menyerah sesuai dengan akar budaya masyarakat Kota Bandung yang menjunjung filosofi rempug jukung sauyunan,” kata Oded. 

Peringatan Hari Jadi Kota Bandung tahun ini dimaknai sebagai momentum perjuangan melawan pandemi, dengan tema besar yaitu “Dengan Semangat Inovasi dan Kolaborasi, Kota Bandung Bergerak Melawan Pandemi covid 19”.

Melalui kolaborasi setiap komponen ikut terlibat. Mulai Pemerintah Kota Bandung, Forkopimda Kota Bandung, tenaga medis, akademisi, media hingga warga masyarakat. 

Kota Bandung juga terus meningkatkan inovasi di berbagai Bidang. Salah satunya adalah di bidang kesehatan melalui pembangunan Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL 2) plus yang memiliki andil besar dalam percepatan proses pengujian hasil uji usap (swab test). Hasilnya, data penyebaran virus covid 19 dapat diketahui lebih cepat dan akurat. 

"Selain itu, hadirnya Lembur Tohaga Lodaya, Gerakan Sabandung atau Sangu Bancakan Urang Bandung, Buruan SAE (Sehat, Alami, dan Ekonomis), serta inovasi dan aktivitas lainnya menjadi bukti kekuatan bahwa inovasi melalui kolaborasi setiap komponen di Kota Bandung ini adalah sebuah keniscayaan yang akan terus digelorakan," ucapnya. 

Di akhir Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Bandung ke-210 ini, wali kota Bandung menyerahkan beberapa penghargaan. Antara lain Tanda Satya Lancana Karya Presiden Republik Indonesia sebagai apresiasi atas pengabdian ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bandung dengan masa mengabdi 30, 20, dan 10 Tahun. 

Selain itu, Pemkot Bandung turut memberikan apresiasi kepada tiga Perusahaan atas kinerjanya membantu Kota Bandung. Ketiganya yaitu PT Bio Farma (Persero), PT Persib Bandung Bermartabat, dan Bank BJB. (Yogo Triastopo)