Jadwal Berubah, Lawan Persib Bukan MU, Tapi PSM

Jadwal Berubah, Lawan Persib Bukan MU, Tapi PSM

INILAH, Bandung - Laga perdana lanjutan Liga 1 2020 Persib Bandung mengalami perubahan. Bukan Madura United, kini lawan yang dihadapi adalah PSM Makassar. 

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengaku terkejut dengan perubahan itu. Terlebih perubahan terjadi sepekan sebelum Liga digulirkan. 

"Apa yang harus saya katakan soal perubahan jadwal? Kami menerima email pagi ini dan saya harus menunggu manajemen untuk memberikan alasan kenapa mereka (LIB) mengubah ini," kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung. 

Pelatih asal Belanda ini mengaku tidak mengetahui secara pasti mengenai perubahan jadwal ini. Yang pasti perubahan ini akan mempengaruhi timnya. 

"Kami meminta untuk mengubah jadwal tiga pekan lalu untuk membuat jadwal jadi lebih logis dalam hal perjalanan dan lainnya tapi tidak mendapat tanggapan. Lalu hari ini mendadak mereka melakukan perubahan, kami masih menunggu apa alasannya, karena bukan perubahan ini yang kami minta. Tidak ada yang bisa kami lakukan dengan keputusan itu," tegasnya.

Disisi lain, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan perubahan jadwal itu terjadi karena ada tim yang melakukan perubahan kandang. Seperti Persebaya Surabaya yang belum menentukan home basenya, Madura United ke Pamekasan, Persipura Jayapura ke Stadion Kanjuruhan dan Bhayangkara FC ke Kelapa Dua, Tangerang. 

Tidak hanya itu saja, perubahan ini juga masukan dari beberepa tim agar jadwal tidak bentrok satu sama lain. Perihal perubahan jadwal tersebut, juga sudah disampaikan oleh PT LIB secara resmi kepada semua klub lewat surat yang bernomor 379/LIB-KOM/IX/2020.

"Perubahan itu kami putuskan setelah mempertimbangkan saran dan masukan dari klub terkait padatnya jadwal pertandingan dan perubahan home base beberapa klub," kata Akhmad Hadian. (muhammad ginanjar)