Teh Nia Berharap Pelaku UMKM Kabupaten Bandung Segera Bangkit

Teh Nia Berharap Pelaku UMKM Kabupaten Bandung Segera Bangkit
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Kurnia Agustina Naser berharap pelaku usaka mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Bandung segera bangkit dari keterpurukan akibat dampak dari pandemi Covid-19. 

Penerima penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dan Bakti Koperasi dan UKM itu mengatakan, dampak pandemi memang berpengaruh signifikan pada kehidupan para pelaku UMKM di Kabupaten Bandung. Namun, perempuan yang akrab disapa Teh Nia itu mengapresiasi semangat para pelaku UMKM yang tidak patah semangat untuk terus berjuang keluar dari keterpurukan. 

"Dengan semangat itu tentunya yang dibutuhkan saat ini hanyalah suport. Karena efek global dan domino pandemi memang melumpuhkan sendi-sendi kehidupan masyarakat, terutama di sendi ekonomi," kata Teh Nia seusai mengunjungi workshop Rietzstar di Lembaga Pendidikan Terapan Panghegar, Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung, Minggu (27/9/2020).

Dia menyebutkan, dukungan bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Bandung dilakukan dengan cara mengimplementasikan suatu gerakan lokal. 

"Kami sedang berjuang. Ada satu momentum gerakan lokal yang kami lakukan. Yaitu gerakan membeli produk lokal, gerak belanja warung tetangga dengan hashtag Mulang ka Indung Nyaah ka Bandung," ujarnya.

Menurutnya, dengan gerakan tersebut ia berharap para pelaku UMKM Kabupaten Bandung segera bangkit dari keterpurukan. Tak hanya gerakan lokal, Teh Nia menyebut tengah menjalankan kerjasama dengan Rietzstar sebagai pemilik aplikasi inovasi terbaru bisnis kuliner rumahan. 

Kerj sama dengan Rietzstar tersebut dilakukan sebagai wujud nyata 'kanyaah' atau sayangnya kepada khususnya para pelaku UMKM Kabupaten Bandung, dan umumnya kepada para pelaku UMKM di Jawa Barat. 

"Di Rietzstar ada supporting dengan model penilaian dari chef-chef bintang lima dan pengawalan produk. Apalagi Rietzstar ini dinakodai langsung Mama Rieta, ibunda dari Nagita Slavina. Sudah tidak diragukan lagi komitmen jam terbangnya untuk memajukan UMKM lewat aplikasi Rietzstar sebagai solusi UMKM di tengah pandemi," katanya.

Teh Nia melanjutkan, Rietzstar merupakan satu-satunya aplikasi rating kuliner di Indonesia bersertifikat resmi dari Indonesia Chef Association (ICA). Dimana para pelaku UMKM bisa mendaftarkan produk kuliner rumahannya untuk dinilai sehingga lebih dipercayai konsumen. (Dani R Nugraha)