Kembangkan E-Sports di Daerah, Pengurus Cabor Dikukuhkan

Kembangkan E-Sports di Daerah, Pengurus Cabor Dikukuhkan
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Pengurus cabang e-sports kabupaten/kota di wilayah Cirebon resmi dilantik dan diambil sumpahnya. Tujuan pembentukan pengurus cabang olahraga baru ini agar dapat mewadahi anak-anak muda pecinta game untuk dapat berprestasi. 

Hadir dalam pelantika tersebut, Bupati Cirebon Imron bersama Forkopimda, KONI Kabupaten dan Kota Cirebon, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Cirebon, Senin (28/9/2020).

Ketua Pengurus Cabang E-Sports Kabupaten Cirebon Eka Surya mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengesahkan terbentuknya cabor e-sports.

Hal senada dikatakan Ketua Harian Pengurus Daerah E-Sports Jawa Barat M Budiana. Menurutnya, e-sports merupakan cabang olahraga alternatif di era pandemi Covid-19. Masalahnya, dalam pelaksanaan olahraga, tidak membutuhkan lapangan dan bertemu lawan bertanding. Pihaknya berharap, setiap pemerintah daerah kota-kabupaten di Jawa Bara,  dapat menyelenggarakan pertandingan  agar melahirkan bibit bibit atlet muda.

"Mengingat eksistensi tim e-sports Indonesia dalam kejuaraan tingkat dunia bisa dibilang cukup membanggakan, maka akan kami kembangkan terus. Kita juga patut berbangga, didalamnya ada atlet yang merupakan warga Jawa Barat," ungkap Budiana.

Sementara, Bupati Cirebon Imron menyambut baik terbentuknya pengurus e-sports di kabupaten Cirebon. Dirinya berharap di cabang olahraga baru ini, atlet yang kebanyakan dari kalangan anak muda dapat berprestasi dan membanggakan Cirebon.

"Mudah mudahan e-sports di Kabupaten Cirebon bisa cepat berlambang dan menjadi cabor kebanggaan," ungkap Imron.

Sedangkan, Ketua Umum KONI Kabupaten Cirebon Hengky Choernia menambahkan cabor e-sports dapat mewadahi anak-anak muda cirebon untuk terus berprestasi secara positif. Cabor baru ini juga, dapat mematahkan anggapan negatif sebagian orang yang menyebutkan bahwa bermain game itu tidak bermanfaat.

"Saat ini, terdapat hampir 60 juta pemain e-sports di Indonesia dan angka itu akan terus bertambah menjadi 100 juta pemain. Luar biasanya, pada akhir 2020  industri game e-ssports telah menyumbangkan ekonomi cukup besar yakni Rp13 triliun pada 2018. Jadi mari kita kembangkan cabor ini," tukas Hengky. (Maman Suharman)