Awasi Kampanye Daring, Polda Jabar Lakukan Patroli Siber

Awasi Kampanye Daring, Polda Jabar Lakukan Patroli Siber
net

INILAH, Bandung - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memastikan pihaknya akan turut mengawasi proses kampanye pasangan calon (paslon) Pilkada Serentak, di wilayah hukumnya. Pengawasan dilakukan hingga di media sosial.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago mengatakan, untuk menjaga konfusifitas ditengah-tengah masyarakat, pihaknya akan melakukan patroli siber di media sosial. Sasarannya, yaitu kampanye yang memilili unsur SARA dan dapat meresahkan masyarakat.

"Iya, kita ada siber grup nya kita akan melakukan pengawasan, makanya ada tim multimedianya, ada grup pengawasannya, dalam rangka pilkada ini," ucap Erdi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (29/9/2020).

Selain itu, Erdi menyebutkan, masyarakat juga diharuskan berperan aktif dalam melaporkan pelanggaran Pilkada ditengah pandemi Covid-19. Terutama, bila Paslon Kepala Daerah menggelar kampanye dengan mengumpulkan massa dalam jumlah besar.

"kita juga sudah membuat cara pelaporan dari masyarakat apabila menemukan keramaian dan sebagainya. Ada whatsapp-nya ada facebook-nya, secara daring media online juga kita melakukan pengawasannya, jadi kalau ada apa-apa bisa segera dilapor, pokonya ada tempat melapornya," ujar Erdi.

Erdi menambahkan, jika ditemukan pelanggaran protokol kesehatan dalam kampanye, misalnya menggelar kegiatan dengan massa yang besar, pihaknya akan berkoordinasi dengan tim di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Jawa Barat.

"Ini (pelanggaran kerumunan massa) akan tindakan kita bersamaan mungkin ya dengan gakumdu, ada mekanisme tersendiri. Tapi dari kita sendiri akan mengecek langsung akan klarifikasi, kalau seandainya itu memang tidak sesuai dengan kebijakan aturan pemerintah, baru kita lakukan tindakan tegas," pungkasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, di Jawa Barat sendiri Pilkada serentak dilakukan di 8 daerah yaitu Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok.

Saat ini tahapan Pilkada serentak akan memasuki masa kampanye terhitung tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020. (Ridwan Abdul Malik)