Pandawa, Layanan Digital dari BPJS Kesehatan

Pandawa, Layanan Digital dari BPJS Kesehatan

INILAH, Bandung - Mengoptimalkan kualitas layanan program JKN-KIS, BPJS Kesehatan menyediakan berbagai layanan digital. Salah satu diantaranya yaitu aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh di smartphone baik yang berbasis Android maupun IOS. 

Melalui mobile JKN, peserta dapat mengakses berbagai layanan administrasi mulai dari perubahan data peserta, pengambilan antrean online di fasilitas kesehatan, pengecekan dan pembayaran Iuran JKN-KIS, kartu digital yang dapat digunakan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Salah satu peserta JKN-KIS Lili (20), mengaku telah satu tahun memanfaatkan layanan melalui aplikasi mobile JKN. Bagi dia, mobile JKN sangat membantunya dalam mengakses layanan BPJS Kesehatan.

"Pernah beberapa waktu lalu saya mengunjungi faskes tingkat pertama yaitu salah satu klinik pratama di Kota Pontianak. Cukup menunjukan kartu digital yang ada di aplikasi saya dapat mendapatkan layanan. Tanpa ribet harus menunjukan kartu fisik saya,” kata Lili.

Layanan melalui digital, dituturkannya sangat efektif. Terlebih saat ini masyarakat Indonesia tengah bersama berjuang melawan penyebaran virus Covid-19. Layanan digital sangat diperlukan dalam rangka mengurangi tatap muka atau kontak antar sesama. 

Tak hanya itu beberapa waktu lalu Lili juga telah memanfaatkan layanan chat melalui layanan Pandawa. 

“Layanan Pandawa juga sangat baik, menjadi solusi saat kita membutuhkan layanan atau informasi yang kita butuhkan. Cukup chat dengan format yang telah ditentukan akan dibalas oleh petugas adminnya. Mudah-mudahan semua layanan digital yang ada di BPJS Kesehatan dapat membantu seluruh peserta dan masyarakat yang membutuhkan layanan,” ucapnya. 

Sebagai informasi, saat ini BPJS Kesehatan tengah menciptakan inovasi terbaru sebagai alternatif layanan tanpa tatap muka yaitu Pandawa. Demi kenyamanan bersama ditengah masa pandemi, BPJS Kesehatan berupaya untuk tetap dapat melayani secara maksimal dengan meghadirkan layanan administrasi melalui akses yang semakin memudahkan peserta. 

Melalui layanan Pandawa, peserta dapat mengakses layanan melalui nomor whatsapp yang disediakan masing-masing kantor cabang.

Peserta dapat mengakses nomor WhatsApp tersebut dengan mengirimkan data berupa nama pelapor, nama peserta, nomor BPJS Kesehatan/KTP, nomor handphone, dan kode jenis layanan yang dibutuhkan, setelah itu admin Pandawa akan merespon dan menginformasikan bahwa peserta akan dihubungi frontliner BPJS Kesehatan. 

Jika peserta sudah dapat mengakses layanan yang dibutuhkan di akhir layanan peserta juga diharapkan untuk mengisi tautan suara pelanggan secara online sebagai bentuk feedback agar layanan Pandawa semakin ditingkatkan. (Yogo Triastopo)