Hari Terakhir Ade Sarip Jadi Sekda, Rudiyana Rela Jadi Ajudan

Hari Terakhir Ade Sarip Jadi Sekda, Rudiyana Rela Jadi Ajudan
Foto: Rizki Mauludi

NILAH, Bogor - Di masa akhir jabatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mendapatkan ajudan spesial. Yaitu Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kota Bogor Rudiyana menjadi ajudan selama satu hari penuh dari terbit matahari hingga malam tiba.

Khusus hari ini Rudiyana menjadi ajudan murni meski jabatan dirinya sudah eselon IIIa. Saat ada berkas yang harus ditandatangani Rudi berlaku sebagai ajudan resmi Ade Sarip, selain itu pengingat jadwal Sekda juga khusus hari ini dipegang Rudi.

Rudi mengatakan, sebetulnya dirinya pribadi menganggap Ade Sarip Hidayat bukan hanya seorang atasan, tapi guru dan orang tua. Karena sudah kenal cukup lama, sampai pernah ada kesempatan saat Ade Sarip pertama kali menjadi sekda, dirinya melayani langsung saat menjabat Kasubag Urdal Setd Kota Bogor. 

"Selang beberapa waktu kemarin saya terpikirkan untuk melayani kembali saat dijabatan kali ini karena diakhir masa jabatan Sekda Ade Sarip Hidayat. Alhamdulillah doa saya dikabulkan, hari Rabu (30/9/2020) ini saya melayani langsung. Kebetulan saya juga Kabag Prokompim yang memang melayani langsung pimpinan," ungkap Rudi kepada INILAH pada Rabu (30/9/2020) siang.

Rudi melanjutkan, peluang didapat atas izin pak Ade Sarip juga, sehingga dirinya diperbolehkan mendampingi sebagai ajudan. Ia ikut satu mobil dengan Sekda, menemani satu hari diakhir masa jabatan.

"Saya senang menemani beliau, kegiatan hari ini mulai pagi ke klinik Korpri meresmikan penitipan anak di klinik Korpri. Kemudian bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) dan Wali Kota Bogor Bima Arya di taman Ekspresi kegiatan penguatan lurah," tuturnya.

Rudi menerangkan, kemudian ada beberapa kegiatan kedinasan dilanjutkan dengan ada perpisahan dengan beberapa pihak, mungkin nanti diakhiri rapat paripurna. 

"Mungkin kegiatan informal setelah paripurna digelar akan ada perpisahan dengan Sekda," terangnya.

Rudi berpendapat, bahwa Sekda Ade Sarip Hidayat ini orangnya tidak banyak bicara, masih seperti yang dulu dikenal dirinya, tetap bijaksana dan lebih banyak bekerja. Bisa menjadi sosok guru bagi ASN lebih banyak mengayomi orang-orang disekitar juga ASN Kota Bogor.

"Saya mempunyai pengalaman sebagai ajudan. dahulu menjadi ajudan Sekda Kota Bogor Dodi Rosadi kemudian jadi ajudan Wali Kota Bogor Diani Budiarto. Insya Allah sudah paham akan tugasnya," pungkasnya.