Perekrutan Pengawas TPS, Syarat Utama Harus Bersedia Jalan Swab Test

Perekrutan Pengawas TPS, Syarat Utama Harus Bersedia Jalan Swab Test
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Sebanyak 6.873 orang yang mendaftar sebagai pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilbup Bandung 2020 melakukan tes swab. Tes swab menjadi salah satu persyaratan wajib bagi pendaftar untuk mencegah penularan virus corona.

“Selain syarat yang tercantum dalam peraturan, tentu kami juga sangat memerhatikan kondisi kesehatan calon pengawas TPS," kata Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia pada Bawaslu Kabupaten Bandung Kahpiana di Soreang, Rabu (30/9/2020).

Kahpiana mengatakan, salah satu hal utama dalam perekrutan pengawas TPS ini yaitu bersedia untuk melakukan swab test yang digelar Bawaslu. 

"Swab test menjadi syarat mutlak bagi calon pengawas TPS, jika tidak bersedia maka tentu akan kami tolak” ujarnya. 

Dia menjelaskan, pengawas TPS akan bekerja selama satu bulan penuh, dua puluh tiga hari sebelum hari pungut hitung dan tujuh hari setelah pungut hitung. 

Selama masa pekerjaan juga pengawas TPS lebih fokus pada pengawasan lapangan, di antaranya pengawasan kampanye di wilayah TPS, pengawasan logistik, pengawasan masa tenang dan tahapan pungut hitung.

"Kami mengajak semua elemen masyarakat Kabupaten Bandung yang memilki integritas dan jiwa pejuang untuk bergabung menjadi pejuang demokrasi, tanggal 3 sampai tanggal 15 Oktober berkas pendaftaran sudah bisa diterima oleh jajaran kami di tingkat pecamatan,"katanya. (Dani R Nugraha)