Inilah Tujuh Nama Calon Anggota Komisioner Terpilih KPID Periode 2020-2023

Inilah Tujuh Nama Calon Anggota Komisioner Terpilih KPID Periode 2020-2023
istimewa

INILAH, Bandung – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat telah menunaikan tugasnya, dalam memilih tujuh calon anggota komisioner. Usai melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar, periode 2020-2023 dan tinggal dilantik oleh Gubernur Ridwan Kamil.

Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman mengatakan, pihaknya menyerahkan 14 nama yang disusun berdasarkan peringkat dari hasil penilaian timnya, untuk diajukan kepada gubernur dari 21 nama yang diusulkan oleh tim seleksi (Timsel). Dari 14 nama tersebut kata dia, tujuh orang urutan atas adalah calon anggota terpilih dan sisanya adalah calon anggota cadangan.

“Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya kami menemukan tujuh calon anggota komisioner terpilih KPID Jabar periode 2020-2023. Terus terang, mengenai hal ini kami sudah bentuk tim seleksi dari tahun lalu. Dimana para anggotanya adalah orang-orang yang kredibel. Ada yang dari akademisi, tokoh masyarakat dan praktisi. Setelah proses seleksi administrasi selesai, kemudian tes psikologi, tes tertulis dan wawancara, akhirnya diajukan lah 21 nama oleh timsel ke kami untuk fit and proper test,” ujar Bedi kepada INILAH, Rabu (30/9/2020).

“Jujur, kami sangat dimudahkan dengan adanya timsel ini. Sebab seluruh peserta menurut kami layak untuk jadi komisioner. Berhubung secara aturan harus memilih tujuh orang. Akhirnya kami sudah menemukan untuk dilantik sebagai calon anggota komisioner terpilih. Dalam surat yang kami sampaikan kepada gubernur, ada 14 nama berdasarkan peringkat. Tujuh orang yang berada di peringkat teratas adalah yang terpilih untuk dilantik. Kemudian sisanya adalah calon anggota komisioner cadangan. Ini dilakukan, bilamana terjadi sesuatu dengan tujuh orang terpilih tersebut,” sambungnya.  

Terkait tidak adanya calon anggota komisioner perempuan dalam tujuh orang terpilih tersebut. Bedi menjelaskan, merujuk pada peraturan Nomor 01/P/KPI/07/2014, tentang kelembagaan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Tidak ada aturan secara eksplisit yang mengatur hal tersebut, sehingga dalam penetapan kali ini pihaknya murni menetapkan calon terpilih berdasarkan nilai terbaik.

“Soal kuota perempuan yang tidak ada dalam tujuh besar terpilih. Ketika kami kupas aturan KPI Nomor 1 Tahun 2014. Tidak dicantumkan keharusan ada kuota perempuan. Hingga ketika kami diskusi, baik dengan timsel. Akhirnya kami putuskan untuk pilih yang terbaik. Kalau ada aturannya, jelas ini akan menjadi concern kami,” jelasnya.

Berikut daftar 14 nama yang diajukan oleh Komisi I kepada Ridwan Kamil, sebagai calon anggota KPID berdasarkan peringkat:

Calon Anggota Komisioner Terpilih

Calon Anggota Komisioner Cadangan

No.

Nama

No.

Nama

1

Jalu P Priambodo

8

Abie Besman

2

Achmad Abdul Basith

9

Muhammad Ilmi Hatta

3

Adiyana Slamet

10

Dedeh Fardiah

4

Ellang Gantoni Malik

11

Nisa Wening Asih S

5

Syaefurrohman Achmad

12

Mahi H Hikmat

6

M. Sudama Dipawikarta

13

M. Syaifurohman

7

Roni Tabroni

14

Mohammad Saihu

(Yuliantono)