Pertarungan Realme 7 vs Vivo V20 SE, Ini Hasilnya

Pertarungan Realme 7 vs Vivo V20 SE, Ini Hasilnya
istimewa

SEKARANG ini, ponsel pintar di rentang harga Rp3-4 jutaan kualitasnya sudah sangat bagus. Bahkan ada yang sudah tergolong berspesifikasi high-end. Seperti produk terbaru realme 7 dan Vivo V20 SE. Performa dan kamera tetap menjadi fitur utama dari smartphone masa kini, tak terkecuali bagi dua produk tersebut.

Realme sebagai brand smartphone yang baru beranjak dua tahun di Indonesia, langsung melesat di pasar. Perusahaan yang awalnya merupakan sub-brand dari OPPO tersebut sekarang telah menyabet posisi lima besar di Indonesia dan juga di tataran Asia Tenggara. Prestasi yang tidak main-main.

Sementara itu Vivo juga telah bertahun-tahun bercokol di pasar smartphone Tanah Air. Produsen asal negeri Tirai Bambu tersebut kini bahkan sudah menduduki peringkat pertama sebagai merek smartphone terbesar di Indonesia versi counterpoint pada triwulan-2 2020.

Produk teranyar dari realme adalah realme 7 yang menyuguhkan chipset Mediatek Helio G95, pertama di tingkat global. Sementera itu Vivo V20 SE lebih menonjolkan keunikan kamera depan dengan resolusi besar.

Dalam beberapa hal, kedua ponsel tersebut memiliki kemiripan. Namun juga tak sedikit yang berbeda dan bersaing satu sama lain. Bagaimana jika keduanya diadu? Yuk simak komparasi realme 7 vs vivo V20 SE berikut ini.

Desain

Vivo V20 SE tampil dengan dua pilihan warna yaitu warna Gravity Black dan Oxygen Blue. Pilihan warnanya cenderung lebih elegan, tidak penuh warna seperti ponsel di kelas yang sama. Finishing cover belakangnya, yang ala matte tapi halus mengingatkan pada vivo X50 Series.

Material polycarbonate atau plastic digunakan pada cover ponsel. Sebuah pillihan yang bisa diterima, mengingat Vivo sepertinya lebih menekankan pada fitur fungsi dari ponsel daripada estetika belaka. Sehingga dalam hal desain pun terlihat apa adanya.

Modul kamera depan tersimpan pada notch berbentuk waterdrop. memberi dampak signifikan pada dimensi ponsel ini. Membuat ponsel jadi lebih ramping, sehingga cukup nyaman saat digenggam dengan satu tangan.

Photo-Grid-Plus-1601449577210

Namun, desain sisi frame pada ponsel tak nampak elegan. Potongan layar dan frame membuat sudut genggaman jadi kurang nyaman. Bagaimanapun, desain pada Vivo V20 SE terasa kurang berkesan. Memang konsumen kadang lebih mementingkan kamera atau prosesor sebagai perhatian utamanya ketika hendak membeli ponsel. Namun kesan pertama saat menggenggam sebuah ponsel mestinya juga tak boleh diabaikan begitu saja.

Sementara itu realme 7 secara umum feel terlihat mewah dan elegan dengan built quality yang kokoh menghadirkan desain kaca yang cemerlang. Ukurannya terasa pas, digenggam pun cukup nyaman. Warna gradasi yang cerah mencerminkan kesan yang anak muda banget.

Kesan itu makin terpancar dengan verifikasi tahan uji Smartphone TV Rheinland. Verifikasi tahan uji Smartphone TV Rheinland ini merupakan standar pengujian kualitas dan keandalan smartphone. Verifikasi tahan uji TV Rheinland ini merupakan hal yang cukup baru dan bisa memperkuat dalam hal durabilitas realme 7 yang ditawarkan dengan fitur lainnya.

Realme 7 memiliki dua pilihan warna, Mist White dan Mist Blue. Semua warna bagus menunjukkan karakter masing-masing penggunanya.


Layar

Untuk penilaian di sektor ini, realme 7 mempunyai ukuran layar yang lebih besar sedikit dari Vivo V20 SE yang mengemas layar Full HD+ 6,44 inci. Sedangkan layar realme 7 memiliki ukuran 6,5 inci Full HD+ dan pasti pandangan menjadi lebih luas. Belum lagi refresh rate 90Hz membuat pengalaman menggunakan realme 7 terasa lebih menjanjikan terutama untuk kegiatan gaming.

Photo-Grid-Plus-1601450228284

Vivo V20 SE menawarkan layar dengan poni tetes air sebagai rumah untuk kamera depannya. Sedangkan realme 7 tampil dengan desain punch-hole yang lebih canggih. Hal tersebut membuat layar realme 7 terasa lebih lebar.

Untuk teknologi layar Vivo V20 SE sudah mengusung layar lebih superior dengan AMOLED sedangkan realme 7 masih menggunakan teknologi IPS. Meski begitu realme 7 sudah mengadopsi refresh rate 90hz yang membuat animasi lebih halus.


Kamera

Photo-Grid-Plus-1601450770528

Sektor kamera, inilah fitur utama yang paling ditunggu-tunggu. Kita mulai dengan realme 7 yang menyiapkan total 5 optik. Empat di kamera belakang dan satu di kamera depan.

Untuk kamera utamanya, realme 7 ini menawarkan pengalaman flagship terbaru 64MP, lensa sudut ultra lebar 8MP 119, serta 2MP untuk lensa makro dan lensa potret B&W.

Area fotografi memiliki peningkatan signifikan dibanding pendahulunya. Sensor 64MP Sony IMX682 memiliki kemampuan penginderaan cahaya istimewa, dan dilengkapi dengan sensor ukuran super besar 1/1,73, ukuran piksel mencapai 1,6?m.

Sementara lensa sudut ultra lebar, lensa ultra makro dan lensa B&W punya kemampuan tak jauh berbeda dari pendahulunya.

Ada beberapa mode menarik di kamera utama, seperti Mode Ultra-Clear 64MP yang dapat beralih antara mode AI dan mode Pro. Dalam mode Pro, pengguna dapat menyesuaikan parameter kamera secara manual untuk mengambil foto 64MP terbaik dengan sangat jelas.

Kamera realme 7 memiliki tiga filter malam paling populer: Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Hanya dengan satu ketukan, Anda dapat dengan mudah mengeklik pemandangan malam kota itu, dengan cara yang benar-benar baru seperti yang bisa dilihat pada gambar dibawah.

realme-7-night-filters-flamingo-modern-gold-cyberpunk

Untuk merekam keindahan kerlip bintang di langit malam, realme telah mengembangkan Starry Mode secara eksklusif. Fitur ini menggunakan algoritma AI yang dikombinasikan dengan paparan ultra-long exposure and multi-frame synthesis.

Kamera selfie Mengadopsi 16MP Ultra-clear aperture 2.0. Dilengkapi mode kecantikan pintar, Efek Bokeh dan lainnya Disempurnakan algoritma kecantikan terbaru yang dikembangkan untuk setiap orang.

Catatan menarik ada di sektor video. Kamera depan dan belakang realme 7 mendukung banyak fitur video. Kamera depan kini bisa merekam video 120fps slo-mo.

Sementara kamera belakang disokong UIS Video Stabilization, UIS Max Video Stabilization dan menyediakan Ultra Wide-angle Video. Bisa merekam video 4K/30fps,1080P/120fps, 720p/240fps dan slo-mo.

Selanjutnya untuk sektor kamera juga menjadi menu utama dari hadirnya Vivo V20 SE. Empat buah lensa kamera ditanamkan pada ponsel ini memang menjadi highlight tersendiri. Dengan tiap lensa memiliki fungsi dan besaran kapasitas berbeda.

vivo-v20-disematkan-sebuah-poni-atau-notch-mungil-kamera-selfie

Fitur paling ditonjolkan adalah kamera 32MP menjadi yang terdepan. Ini salah satu fitur utama dari Vivo V20 SE. Di kelasnya, keberadaan resolusi besar jelas belum ada tandingan meski masih lebih besar resolusi dari kakaknya V20 yang mengusung 44MP.

Untuk memaksimalkan kamera depan ini juga diperlukan kombinasi dengan fitur yang menyertai. Salah satunya adalah nightmode, yakni kemampuan menangkap cahaya dari AI kamera untuk menghasilkan gambar lebih terang di lingkungan minim cahaya. Selain itu, keberadaan fitur bokeh dan beauty pada kamera depan membuatnya jadi lebih menyenangkan. Juga ada banyak fitur lain seperti super night selfie, filter kamera, AR sticker, live photo, sampai panorama.

Dari kamera depan yang sangat kaya fitur, kita beralih ke tiga kamera utama di belakang yang powerful. Lensa utamanya berkekuatan 48 MP (f/1.8), PDAF. Kamera utama ini dilengkapi dengan sensor Sony IMX582. Hasil foto kamera dengan sensor Sony sudah diakui mampu memberi kualitas mumpuni. Terutama ketika mengambil gambar di lingkungan minim cahaya.

Selanjutnya adalah lensa kamera untuk opsi foto yang berbeda. Pertama untuk hasil foto ultrawide melalui resolusi 8 MP (f/2.2), yang mampu menangkap sudut hingga 120 derajat. Sangat luas. Kemudian ada kamera bokeh 2 MP yang memberi efek blur sebagaimana sudah kita ketahui bersama.

Satu fungsi lain ialah super makro yang bisa didapat dari lensa 2 MP. Inilah fitur kamera terbaru yang banyak ditemui pada ponsel berkonsep empat kamera belakang. Penggunaannya sangat bergantung pada kreativitas pengguna. Terutama bila hendak mengambil foto dari jarak sangat dekat. Dibutuhkan kreativitas di sana.

Tentu saja ke semua fungsi kamera tersebut sudah ditunjang dengan lampu flash yang terletak di antara deretan lensa. Belum lagi fitur-fitur berbasis AI kamera yang menyertai, seperti posture, panorama, sampai beauty.

Dan bicara kamera Vivo, tak sekadar bicara kemampuan untuk fotografi. Tapi juga ada fitur video di sana. Vivo V20 SE mampu mengakomodir kemampuan rekam gambar bergerak hingga resolusi 4K 30 Fps. Lalu masih ada fitur tambahan dengan kemampuan ultra stable video, rekam gerak lambat (slow motion), maupun cepat (time lapse).

Performa

Masuk ke bagian dapur pacu kita mulai dari Vivo V20 SE yang memakai pilihan chipset populer dari Qualcomm Snapdragon 665. Meski terlihat tanggung karena ponsel pesaing lain sudah memakai Snapdragon seri 7xx di kelas harganya.

Chipset tadi masih didukung memori RAM 8 GB dan ROM internal 128 GB. Pengguna bisa sangat leluasa untuk menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Ditambah menyimpan ribuan file di satu ponsel yang sama.

Sementara realme 7 menjadi pembuktian bahwa realme terus berusaha meningkatkan kemampuan produk-produknya tapi tetap dengan rentang harga paling pantas. Salah satu contoh dari peningkatannya adalah di bidang performa. realme tidak mau main-main dalam melempar produk. Mereka selalu berikan performa yang mumpuni seperti melalui chipset dan kapasitas memori setingkat flagship.

Pada bagian dapur pacunya, realme 7 memakai prosesor Mediatek Helio G95. Chipset generasi baru besutan Mediatek ini memiliki proses 12nm dan meningkatkan kecepatan clock menjadi 2,05 Ghz yang mirip dengan Helio G90T.

Pihak Mediatek mengklaim peningkatan Helio G95, kecepatannya sedikit dipercepat menjadi 900 MHz dibanding G90T. Tentunya, hal ini akan cukup membuat kinerja game sedikit terdongkrak. Pada sebuah video dibawah ini juga cukup menggambarkan betapa unggulnya chipset Mediatek Helio G95 dibanding Snapdragon di 7xx series.

Belum lagi kekuatan chipset itu dikombinasikan dengan kapasitas memori yang tergolong besar di kelasnya. realme 7 menawarkan memori dalam pilihan dengan kombinasi RAM 8GB + 128GB LPDDR4x dual-channel yang memberikan performa lebih kencang karena bandwidth dan transfer data yang lebih baik dibanding LPDDR4.

Jenis memori internalnya juga UFS 2.1 sehingga bisa memberikan kecepatan membaca dan menulis lebih cepat. Dengan dua pilihan kapasitas RAM, memungkinkan para calon pengguna untuk lebih fleksibel dalam memilih konfigurasi yang sesuai dengan kebutuhan. Jika memori internalnya masih kurang cukup, jangan khawatir, karena masih bisa diperbesar dengan penggunaan kartu memori microSD sampai 256GB.


Baterai

Performa kencang diikuti dengan performa pengisian daya baterai yang juga kencang. realme 7 dibekali baterai 5.000mAh dengan 30W Dart Charge. Meskipun cepat, namun teknologi pengisian daya ini bisa mempertahankan performa maksimal baik ponsel maupun pengisian daya.

Photo-Grid-Plus-1601451975025

Tidak seperti kompetitor yang kebanyakan masih berada di angka 18 W, teknologi 30W Dart Charge memiliki keluaran 30W. Jadi hanya perlu satu jam saja untuk mengisi penuh realme 7.

Saat bermain game berat terus menerus selama setengah jam, teknologi pengisian daya ini bahkan dapat mengisi ulang ponsel hingga 51%, 5 kali lebih cepat dari pengisian normal sambil menjaga ponsel tetap dingin. Fitur hemat daya layar dan pendinginan AI semakin mengurangi konsumsi daya dan memperpanjang usia baterai.

Sementara Vivo V20 SE hanya dibekali besaran kapasitas 4.100 mAH meski sudah mengadopsi fitur pengisian daya cepat dual engine fast charging 33W. Di atas kertas Vivo V20 SE tak sanggup melampaui keunggulan realme 7 dalam aspek ini.

 

Spesifikasi

Photo-Grid-Plus-1601452933009


Kesimpulan

Kedua smartphone memiliki spesifikasi yang nyaris sama dan berimbang. Untuk faktor harga, dimana tidak ada selisih di keduanya yang dibanderol Rp 3,999 Juta. Keduanya juga pilihan bagi Anda yang senang bertransaksi menggunakan near field communication (NFC). Karena fitur tersebut sudah tersedia di kedua ponsel tersebut.

Intinya, Vivo V20 SE unggul dalam tampilan layar dan kamera depan. Untuk desainnya sama-sama bagus dengan konsepnya masing-masing. Namun Vivo V20 SE tampak mengorbankan sektor dapur pacunya. Meski masih memanfaatkan chipset populer namun dengan seri lebih rendah untuk pasar menengah. Maka ada yang ditingkatkan, ada pula yang dikurangi.

Sedangkan realme 7 lebih unggul dalam hal konfigurasi empat kamera belakang, chipset, performa, kapasitas dan daya tahan baterai. Ini menjadikannya kandidat yang sangat tepat dimiliki oleh pengguna aktif yang tidak suka membuang-buang waktunya. Menjadikan realme 7 lebih superior dan semuanya serba maksimal jika dibandingkan dengan Vivo V20 SE.

Bagaimana, tertarik pilih yang mana nih? (inilah.com)