Bawaslu Jabar Terlusuri Dugaan Pelanggaran Pilkada Paslon Bedas

Bawaslu Jabar Terlusuri Dugaan Pelanggaran Pilkada Paslon Bedas
istimewa

INILAH, Bandung - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat memastikan akan melakukan penelusuran dugaan pelanggaran Pilkada yang dilakukan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Bandung nomor urut tiga Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan.

Sebelumnya, ramai dikabarkan, pasangan tersebut telah mendapatkan restu dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Rumah Dinasnya.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Barat Zaki Hilmi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bawaslu di Kabupaten Bandung untuk menelusuri kebenaran informasi tersebut.

"Akan ditangani oleh Bawaslu yang menangani pilkada yakni Bawaslu Kabupaten Bandung," ucap Zaki saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (1/10/2020).

Meski begitu, Zaki menegaskan salah satu aturan baku dalam Pilkada yaitu larangan terkait penggunaan fasilitas negara dalam agenda politik atau kampanye. Salah satunya penggunaan rumah dinas dalam hal dukung mendukung calon kepala daerah.

"Kita dari Bawaslu ingatkan tidak boleh menggunakan fasilitas negara dalam hal ini rumah jabatan dijadikan sebagai tempat aktivitas politik," tegas Zaki.

Namun, Zaki menyebutkan dalam permasalahan kali ini Bawaslu akan melakukan verifikasi dan penelusuran terlebih dahulu. Pertama, apakah dukungan tersebut hasil daripada klaim pasangan calon atau memang resmi dukungan politik dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kedua, lanjut Zaki, persoalan rumah dinas yang diduga menjadi tempat aktivitas politik juga harus dilakukan verifikasi. Hal ini, berkaitan dengan aturan dalam Pilkada terkait larangan penggunaan fasilitas negara untuk aktivitas politik.

"Pertama ini sedang proses dulu ya apakah benar kemudian ada pernyataan politik untuk dukungan tersebut. Kedua, apakah benar itu dilakukan di rumah dinas Gubernur, padahal sudah ada larangan tidak boleh rumah dinas sebagaimana fasilitas negara untuk kepentingan politik. Itu ada surat edaran mendagri terus undang-undang aset negara sebagainya yang nanti bila terbukti. Kita pelajari dulu lah pembuktian di situ," papar Zaki.

Untuk diketahui sebelumnya, postingan terkait dukungan tersebut diunggah langsung oleh Sahrul Gunawan dalam akun instagram miliknya @sahrulgunawanofficial.

Dalam potongannya, Sahrul mengupload sebuah potongan berita yang berjudul "Ridwan Kamil Restui Paslon Bedas" dan sebuah foto yang menunjukan dirinya bersama Calon Bupati Bandung, Dadang Supriatna serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Ridwan Abdul Malik)