Sebulan, Sanksi Denda Pelanggar Protokol Kesehatan Capai Rp47 Juta

Sebulan, Sanksi Denda Pelanggar Protokol Kesehatan Capai Rp47 Juta
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung Agus Priyono mengatakan, sjeauh ini pihaknya mengantongi uang senilai Rp47 juta dari denda protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). 

"Mayoritas dana ini didapat dari pelanggar yakni badan usaha yang kedapatan beroperasi melebihi jam yang sudah ditentukan dan ini tercatat dari tanggal 1 sampai 30 September," kata Agus di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Kamis (1/10/2020). 

Menurutnya, denda terberat diberikan kepada perorangan dan badan usaha yang telah dua kali kedapatan melanggar Peraturan Wali (Perwal) Kota tentang AKB. Pelanggaran dimaksud adalah sanksi ringan dan sanksi sedang. 

"Dari pelaksanaan AKB yang sudah kita lalui, Satpol PP Kota Bandung sudah melakukan sanksi denda kurang lebih ke 143 badan jumlahnya hampir Rp47 juta. Untuk sanksi perorangan dikenai Rp100 ribu dan sanksi badan usaha Rp500 ribu," ucapnya. 

Agus mengatakan, badan usaha seperti ritel atau pertokoan yang melanggar mengaku tidak mengetahui tentang pembatasan jam operasional. Adapun hasil denda senilai Rp47 juta tersebut masuk kepada kas daerah. (Yogo Triastopo)