Poktan Pelita Berdikari Tebar 24 Ribu Benih Lele di Lahan Tidur

Poktan Pelita Berdikari Tebar 24 Ribu Benih Lele di Lahan Tidur
istimewa

INILAH, Bandung - Usaha yang dilakukan Kelompok Tani (Poktan) Pelita Berdikari patut diacungi jempol. Pasalnya, secara swadaya mereka mampu memanfaatkan lahan tidur yang berada di RW 14 Kelurahan Babakan Surabaya, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung.

Ketua Poktan Pelita Berdikari Solihin mengatakan, usaha yang dilakukan para anggotanya itu tak lepas dari kondisi pandemi Covid-19. Dengan kekompakan warga, dia mengaku bisa mewujudkan ketahanan pangan masyarakat sekitar.

"Alhamdulillah, sekarang kita bisa menebar benih lele sebanyak 24 ribu ekor," kata Solihin di lokasi, Kamis (1/10/2020).

Selain mewujudkan ketahanan pangan, pria yang akrab disapa Apih itu mengaku usaha sampingan membesarkan ikan lele itu bisa mendapatkan tambahan penghasilan.

"Jadi, dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini warga jangan cua mengandalkan bantuan pemerintah saja. Sebenarnya, dengan tekad dan usaha kita bisa mandiri dan berdikari untuk penguatan ekonomi," ucapnya.

Sementara itu, Lurah Babakan Surabaya Triono menyambut baik usaha yang dilakukan warganya. Dia menyebutkan, Poktan Pelita Berdikari itu merupakan kelompok tani lele keempat yang ada di wilayahnya.

"Karena usaha ini didukung Dispangtan (Dinas Pangan dan Pertanian) Kota Bandung, nanti ke depan akan diadakan pelatihan budidaya lele dan cara membuat indukan. Tapi karena sekarang masih pandemi, kegiatan itu sepertinya masih ditunda," sebutnya. 

Sedangkan, Camat Kiaracondong Rina Dwiyanti merespons positif upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat tersebut. Dia meyakini, dengan bududaya ikan tawar di sejumlah kolam itu warga diharapkan tidak akan kekurangan pangan.

"Selain dikonsumsi, ikan lele ini bisa dijual dan hasilya dibagikan untuk anggota kelompok tani. Saya hanya mengingatkan, warga harus tetap usaha dan selalu menerapkan protokol kesehatan," katanya. (dnr)