Tingkat Kepuasan Masyarakat Tinggi, Lemkapi Berikan Promoter Award Untuk Polrestabes Bandung

Tingkat Kepuasan Masyarakat Tinggi, Lemkapi Berikan Promoter Award Untuk Polrestabes Bandung
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) memberikan penghargaan untuk Polrestabes Bandung atas kinerjanya yang dinilai baik. Penghargaan profesional, modern, dan terpercaya (Promoter) itu diterima langsung Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya.

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Saputra Hasibuan menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja jajaran Polrestabes Bandung. Mulai dari kinerja akan pengungkapan kejahatan, hingga keaktifan Polrestabes Bandung dalam penanganan Covid-19 di wilayah hukumnya.

"Kami melihat dalam sebulan, dua bulan terakhir ini kami melakukan pemantauan terhadap kinerja Polrestabes Bandung. Termasuk kalau kami liat belakangan ini bagaimana gencarnya polrestabes bandung dalam hal menjaga dan melindungi masyarakat," ucap Edi saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kamis (1/10/2020).

Selain memantau kinerja, Edi menyebutkan pihaknya juga melakukan survei terhadap tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja jajaran Polrestabes Bandung. Hasilnya, lebih dari 80 persen masyarakat Kota Bandung puas akan kinerja Polisi.

"Saya terus terang dalam satu bulan terkahir ini kami melakukan penelitian secara diam-diam terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap Polisi di wilayah Kota Bandung. Hasilnya, itu 82,9 persen masyarakat puas terhadap kinerja Polri dan dibantu juga oleh TNI," ungkap Edi.

Ditemui di tempat yang sama, Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya mengaku tidak menyangka dengan Promoter Award yang diberikan Lemkapi. Pasalnya, pihaknya hanya menjalankan tugas sebagaimana mestinya Polisi bertugas untuk masyarakat.

"Dengan adanya penghargaan ini, kami pada intinya tidak menyangka apa yang kami lakukan ternyata diberikan apresiasi oleh masyarakat," tutur Ulung.

Selain itu, Ulung menambahkan, penghargaan ini sejatinya dijadikan motivasi bagi anggotanya dalam bertugas, untuk meningkatkan kinerja yang berdampak pada tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat Kota Bandung. Hal itu harus dilakukan demi terciptanya situasi Kota Bandung yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

"Oleh karenanya dengan adanya penghargaan ini kita lebih meningkatkan lagi pelayanan kepada masyarakat terutama di masa pandemi ini," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)