Kecamatan Pusat Pemerintahan di Garut Terbanyak Kasus Positif Covid-19

Kecamatan Pusat Pemerintahan di Garut Terbanyak Kasus Positif Covid-19
istimewa

INILAH, Garut-Penyebaran temuan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut sudah mencapai sebanyak 28 dari 42 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

Dari 28 kecamatan terdapat kasus positif Covid-19 itu, Kecamatan Tarogong Kidul menjadi kecamatan terbanyak kasus positif Covid-19. 

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut, per 2 Oktober 2020, di kecamatan terdapat pusat perkantoran Pemkab Garut termasuk kantor Bupati dan kantor DPRD Garut tersebut ada sebanyak 30 kasus positif Covid-19. Pasien terakhir tercatat seorang laki-laki berusia 31 tahun (KC-256).

Dari sebanyak 30 pasien positif Covid-19 asal Kecamatan Tarogong Kidul itu sebanyak 21 pasien di antaranya dinyatakan sembuh. Sisanya masih dalam isolasi perawatan di rumah sakit. 

Tidak ada kasus kematian positif Covid-19 di kecamatan tersebut. 

Kecamatan terbanyak kedua terdapat kasus positif Covid-19 yakni Kecamatan Sukawening sebanyak 25 kasus positif dengan satu kasus kematian, dan berikutnya Kecamatan Garut Kota sebanyak 23 kasus positif dengan dua kasus kematian.

Kasus kematian pasien positif Covid-19 terbanyak terdapat di Kecamatan Banyuresmi sebanyak tiga kasus kematian dari 20 kasus positif terjadi di kecamatan tersebut. 

Total jumlah kasus positif Covid-19 tersebar di 28 kecamatan di Kabupaten Garut sendiri mencapai sebanyak 256 kasus dengan 12 kasus kematian. 

Dengan adanya sebanyak tiga pasien positif dinyatakan sembuh, jumlah pasien sembuh dari penularan Covid-19 pun bertambah menjadi sebanyak 187 orang.

Ketiga pasien positif Covid-19 baru dinyatakan sembuh itu yakni laki-laki (KC-135) berusia 47 tahun dari Kecamatan Cibatu, dan laki-laki (KC-155) berusia 49 tahun dari Kecamatan Tarogong Kidul, serta perempuan (KC-170) berusia 21 tahun dari Kecamatan Garut Kota.

Sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Garut, baik kasus positif, suspek maupun kontak erat masih berlangsung dan melebar. 

Saat ini, hanya satu kecamatan nol kasus kontak erat dan kasus positif yaitu Kecamatan Cihurip di wilayah selatan Kabupaten Garut. Di Kecamatan Cihurip hanya terdapat kasus suspek sebanyak 27 kasus. 

Sebaran kasus positif Covid-19 terdapat di 28 kecamatan, kasus suspek di 42 kecamatan, dan kasus kontak erat di 41 kecamatan. Tak ada laporan kasus probable.(zainulmukhtar)