Gawat, Motivasi Frets Butuan Menurun Usai Liga 1 2020 Kembali Ditunda

Gawat, Motivasi Frets Butuan Menurun Usai Liga 1 2020 Kembali Ditunda
Frets Butuan. (Bambang Prasethyo)

INILAH, Bandung - Penyerang Persib Bandung, Frets Listanto Butuan merasakan kekecewaan yang begitu mendalam usai PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk menunda kembali Liga 1 2020. 

Keputusan itu dikeluarkan lantaran tidak mendapatkan izin dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dengan alasan pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia masih tinggi. 

"Motivasi sedikit menurun karena sudah persiapan tiba-tiba tidak jadi. Terpaksa, mau bagaimana lagi, kita harus ubah lagi," ungkap Frets di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. 

Pemilik nomor punggung 21 ini semakin kecewa lantaran keputusan penundaan Liga 1 2020 tepat H-2 sebelum kick off. Atau tepatnya pada 29 September 2020. 

"Kita sudah melakukan persiapan cukup lama, lalu H-2 di batalin. Kasihan juga sama klub-klub di luar Pulau Jawa yang sudah datang, terus Liga nya enggak jadi," tuturnya.

Menurutnya keputusan untuk penundaan seharusnya dilakukan sejak jauh-jauh hari. Sehingga tim tidak akan mengalami kekecewaan yang berat apabila kompetisi kembali ditunda. 

"Keputusannya terlalu mendadak. Kalau 2 minggu sebelum ada keputusan, enggak terlalu kecewa lah. Dan kita sebenarnya juga sudah siap," katanya. 

Namun demikian, pemain yang juga anggota TNI Angkatan Darat ini menerima keputusan penundaan. Pasalnya alasan penundaan Liga 1 2020 bertujuan demi terhindar dari paparan Covid-19. 

"Perasaannya kecewa sih, tapi menghormati keputusan karena ini demi keselamatan jiwa juga. Menghormati keputusan PSSI," jelasnya.

Frets juga akan tetap giat berlatih sekalipun kompetisi ditunda. Terlebih PSSI dan PT LIB memutuskan untuk menunda kompetisi sampai November mendatang. 

"Kita ikuti saja dengan tetap menjaga kondisi jangan sampai menurun. Karena sebulan tidak terlalu jauh," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)