Waspada! Kota Bandung Kini Masuk Zona Merah Covid-19

Waspada! Kota Bandung Kini Masuk Zona Merah Covid-19
net

INILAH, Bandung - Terjadi pergeseran peta risiko penyebaran Covid-19 di Jawa Barat. Kota dan Kabupaten Cirebon sudah tidak masuk dalam zona merah, begitu pula Kota Depok yang turun status menjadi zona oranye. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, saat ini ada lima daerah masuk dalam zona merah risiko penyebaran Covid-19 yang mesti diwaspadai di Jawa Barat. Data terbaru yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Bekasi. 

"Kota Bandung zona merah, Kabupaten Bandung Barat zona merah, Kota Bogor zona merah, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi zona Merah," ujar Ridwan Kamil, Senin (5/10/2020).

Sedangkan dari sekitar 5.300 desa/kelurahan si Jabar, Ridwan Kamil mengungkapkan terdapat 10 desa/kelurahan yang masuk risiko tinggi penyebaran Covid-19. Di mana 8 desa kelurahan Berada di Depok.

"Besok saya ngantor lagi di Depok untuk membantu pengendalian kasus Covid-19 di Bodebek, mengawasi Bogor, Bekasi dan lain-lain," katanya. 

Kendati demikian, terhitung sejak pekan lalu, Ridwan Kamil mengklaim, untuk epidemiologi terjadi penurunan kasus 28 persen dari minggu minggu sebelumnya. Dia tak menampik, kasus Covid-19 di Jabar naik turun. "Tapi dibanding dua minggu lalu dan minggu lalu ada penurunan 28 persen. 73 persen sumbangan kasus harian datang dari Bodebek," imbuhnya. 

Diketahui, sudah satu pekan ini Ridwan Kamil memang getol melakukan kunjungan kerja di Kota Depok yang sebelumnya berstatus zona merah. Hal tesebut dilakukan untuk memantau penyebaran Covid-19 di Bodebek. 

Pada kesempatan ini, dia memperbanyak koordinasi, termasuk menyosialisasikan 36 kategori pengendalian covid yang komprehensif. (Rianto Nurdiansyah)