Calon Bupati Meninggal Covid, Parpol Sibuk Cari Pengganti

Calon Bupati Meninggal Covid, Parpol Sibuk Cari Pengganti

INILAH, Koba - Tujuh partai politik koalisi akan segera mencari pengganti Ibnu Saleh yang berhalangan tetap karena meninggal dunia dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bangka Tengah 2020. 

"Kami dari tujuh partai politik koalisi akan segera mencari pengganti salah satu calon yang berhalangan tetap," kata Ketua Tim Pemenangan, Algafry Rahman di Koba, Selasa (6/10/2020).

Hal itu dikemukakannya menyikapi calon bupati yang mereka usung yaitu Ibnu Saleh meninggal dunia karena terserang virus corona setelah ditetapkan sebagai peserta Pilkada 2020.

"Partai politik koalisi mengusung pasangan Ibnu Saleh-Herry Erfian untuk bertarung dalam Pilkada 2020," ujarnya.

Ia mengatakan, tujuh partai politik pengusung yaitu Nasdem, Golkar, Gerindra, PPP, PAN, PKS dan PBB sudah duduk bersama membahas siapa yang akan menggantikan Ibnu Saleh sebagai calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada 2020.

"Sejumlah nama pengganti almarhum Ibnu Saleh mengacu kepada rekomendasi dari DPP masing-masing partai politik pengusung, tentu saja penetapannya nanti berdasarkan hasil musyawarah bersama," ujarnya.

Pihaknya diberikan waktu selama tujuh hari untuk mencari pengganti dan itu sesuai dengan undang-undang.

"Di dalam PKPU juga diatur, apabila ada pasangan calon atau satu dari calon yang berhalangan tetap maka partai politik pengusung berhak mencarikan penggantinya," ujarnya.