Bandung Zona Merah, Oded Tunggu Konfirmasi Pemprov Jabar

Bandung Zona Merah, Oded Tunggu Konfirmasi Pemprov Jabar
Wali Kota Bandung Oded M Danial. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah melakukan upaya konfirmasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terkait penetapan status zona merah yang ditetapkan untuk Kota Bandung. 

"Saya sudah minta pak sekda (Ema Sumarna) melakukan konfirmasi kepada Pemprov, karena sampai saat ini kita belum melakukan komunikasi dengan Pemprov," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial pada Selasa (6/10/2020). 

Menurut dia, penyebaran Covid-19 di Kota Bandung terbilang stabil. Hal itu diklaim dirinya setelah melakukan komunikasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bandung setelah Kota Bandung berstatus zona merah. 

"Makanya kita ingin memastikan alasan penetapan status zona merah ini. Karena poinnya, eksisting di lapangan terkendali ketika kita mendapat informasi dari Pemprov Jabar. Posisi kita saat ini sedang menunggu konfirmasi dari Pemprov," ucapnya. 

Namun dia tegaskan, Kota Bandung saat ini dalam kondisi siap siaga untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, termasuk melakukan evaluasi soal kebijakan-kebijakan di masa pandemi adaptasi kebiasaan baru (AKB) saat ini. 

"Termasuk jika Kota Bandung harus melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBM). Tetapi pada intinya, saya sudah sampaikan kepada Pak Ema (Sumarna) dengan tim. Ini masih dikaji di masing-masing kewilayahan," ujar dia. 

Dia menambahkan, pemerintah kota akan tetap memberlakukan buka tutup jalan di sejumlah ruas jalan. Karena dia menilai, kebijakan tersebut berjalan efektif dan akan tetap dilaksanakan selama pandemi Covid-19. (Yogo Triastopo)