Sekda Kota Bandung Usulkan 59 Kelurahan Laksanakan PSBRT

Sekda Kota Bandung Usulkan 59 Kelurahan Laksanakan PSBRT
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengusulkan agar 59 dari 151 kelurahan diberlakukan pembatasan sosial berskala rukun tetangga (PSBRT).

Sebab, saat ini sebanyak 59 kelurahan di Kota Bandung memiliki kasus lebih dari tiga sampai empat orang terpapar positif Covid-19. Sementara sisanya, tidak terdapat kasus positif aktif sehingga tidak harus menerapkan PSBRT.

"Nanti kita usulkan kepada wali kota di rapat terbatas (ratas) agar dilaksanakan PSBRT," kata Ema pada Selasa (6/10/2020).

Menurut dia, apabila mini lockdown nantinya mendapat persetujuan wali kota. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan segera mengeluarkan surat keputusan wali kota tentang penetapan kelurahan yang melaksanakan PSBRT.

"Sekarang ini, tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 sedang meninjau persiapan PSBRT di sejumlah kelurahan," ucapnya.

Dia menambahkan, kebijakan mini lockdown yang akan diterapkan pemerintah kota dalam waktu dekat ini telah mendapat pemahaman yang baik dari masyarakat. Namun kembali dia tegaskan, PSBRT tidak dilaksanakan apabila suatu daerah nol kasus. (Yogo Triastopo)