HUT TNI ke-75, Lanud Husein Sastranegara Kota Bandung Resmikan LKP Tunggadewi

HUT TNI ke-75, Lanud Husein Sastranegara Kota Bandung Resmikan LKP Tunggadewi

INILAH, Bandung - Ada yang unik di tengah-tengah Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-75. Salah satunya adalah Lanud Husein Sastranegara Kota Bandung meresmikan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Tunggadewi.

Hal ini sebagai upaya menumbuhkan kemandirian serta menjadi wadah untuk menuangkan potensi bakat serta kreativitas dari para istri prajurit TNI AU, PIA Ardhya Garini Cabang 4/D.I.

Berdasarkan pengamatan dilokasi kegiatan, berbagai produk kriya hasil kreativitas para istri prajurit TNI AU tersusun rapi di atas etalase serta meja di ruang pameran LKP Tunggadewi, mulai dari produk rajutan seperti tas dan dompet kecil, peralatan make up, aksesoris perempuan, hingga beberapa kain beraneka warna juga ornamen yang di hias dengan teknik batik menjuntai indah ditemani lampu sorot di sudut ruang pameran.

Komandan Lanud Husein Sastranegara, Kolonel Pnb Bonang Bayuaji Gautama, ST., MM mengatakan, bahwa dengan diresmikannya LKP Tunggadewi, diharapkan mampu mewadahi kegiatan yang bermanfaat dalam mengisi waktu luang di sela aktivitasnya, serta menjadi media penyalur dan mengembangkan potensi bakat keterampilan dari para istri keluarga besar prajurit TNI AU yang tergabung dalam PIA Ardhya Garini Cabang 4/D.I. Lanud Husein Sastranegara Kota Bandung.

"Dengan hadirnya LKP ini, PIA Ardhya Garini akan semakin semangat dalam menuangkan potensi bakat keterampilan yang dimilikinya, bahkan diharapkan menjadi peluang lahirnya kemandirian ekonomi melaui kegiatan usaha yang dapat menambah penghasilan demi kesejahteraan keluarga," ujar Kolonel Pnb Bonang, Senin (5/10/2020).

Dia menjelaskan bahwa di masa pandemi covid-19, peran istri dituntut untuk mampu lebih kreatif dan peka melihat peluang apapun yang dapat membantu pemasukan atau ekonomi keluarga, salah satunya dengan memasarkan produk yang dihasilkannya secara daring.

Oleh karena itu, dengan mengikuti program pelatihan dan pembinaan kreativitas, yang dimiliki oleh
PIA Ardhya Garini Cabang 4/D.I. Lanud Husein Sastranegara Kota Bandung, seperti keterampilan menjahit, memasak melalui cooking class, hingga tata rias maka peluang ekonomi dengan kegiatan produktif pun akan terwujud.

Ketua PIA Ardya Garini Cabang 4 / D.I Lanud Husein Sastranegara, Liska Bonang Bayuaji Gautama menambahkan, salah satu tujuan diresmikannya LKP Tunggadewi yakni, untuk mewadahi dan menjaring minat istri prajurit yang tergabung dalam PIA Ardhya Garini Cabang 4/ D.I Lanud Husein Sastranegara agar semakin produktif dan kreatif di masa pandemi Covid-19.

Tetapi juga semakin mensejahterakan anggota keluarga prajurit TNI AU Lanud Husein Sastranegara melalui pemberian pelatihan dan pendampingan keterampilan melalui program yang telah disusun selama ini.

"Program-program keterampilan yang telah disusun merupakan hasil kerjasama dengan dinas-dinas Pemerintahan Kota Bandung, seperti
Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pendidikan, sehingga dengan kolaborasi kerjasama tersebut, mampu memberikan manfaat bukan hanya bagi anggota istri keluarga besar prajurit TNI AU Lanud Husein (Sastranegara) tapi juga masyarakat sekitar," ujar Liska.

Salah satu wujud pemberian manfaat bagi masyarakat sekitar yang dilakukan PIA Ardhya Garini Cabang 4/ D.I Lanud Husein Sastranegara selama ini yaitu, pemberian pelatihan keterampilan bagi para guru dan murid dari delapan sekolah yang merupakan di bawah naungan Yayasan PIA Ardhya Garini Cabang 4/ D.I Lanud Husein Sastranegara

“Untuk itu saya pribadi berharap kepada seluruh anggota PIA Ardhya Garini Cabang 4/D.I Lanud Husein Sastranegara agar dapat memanfaatkan gedung LKP ini dengan sebaik-baiknya, sehingga ketika sudah mampu menyerap ilmu dari program pelatihan dan pembinaan keterampilan di LKP Tunggadewi, dapat mempraktikannya dengan membuat dan menjual produk yang dihasilkan secara online ke keluarga ataupun masyarakat," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar menyambut gembira lahirnya LKP Tunggadewi PIA Ardhya Garini Cabang 4/ D.I Lanud Husein Sastranegara, selain karena penyelenggaraan pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak, bukan hanya pemerintah, baik itu pendidikan formal, non formal, dan informal.

"Kehadiran LKP Tunggadewi ini memberikan warna tersendiri bagi penyelenggaraan pendidikan, karena kita membutuhkan tenaga-tenaga terampil yang siap pakai sesuai dengan spesifikasi keahlian yang dimiliki untuk dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bandung," ujarnya.

Menurut Hikmat, pihaknya akan memberikan pendampingan pelatihan terkait program-program yang dimiliki LKP Tunggadewi."Diharapkan LKP ini menjadi sarana untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan unggul," pungkas Hikmat. (Okky Adiana)