DPU Kota Bandung Alokasikan Rp1,5 Miliar untuk Perbaikan Kirmir

DPU Kota Bandung Alokasikan Rp1,5 Miliar untuk Perbaikan Kirmir
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Pemkot Bandung mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk perbaikan dan pembangunan kirmir saat terjadi bencana longsor. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, Kota Bandung memiliki sedikitnya sebanyak 50 titik rawan longsor yang tersebar di berbagai tempat. 

"Januari ini baru akan kita siapkan untuk penanganan bencana kirmir. Kita siapkan Rp1,5 miliar," kata Didi di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Selasa (6/10/2020). 

Menurut dia, dana yang dipersiapkan tersebut belum dapat dipergunakan DPU Kota Bandung dan akan dipergunakan saat terjadi bencana longsor. Usia kirmir di Kota Bandung mayoritas lebih dari 20 tahun. 

"Selain kirmir, kita juga melakukan pengawasan ke sungai. Karena kita menilai, masih ada orang buang sampah ke sungai. Yang akan kita awasai ada 19 sungai rawan sampah," ucapnya. 

Adapun sejumlah sungai yang rawan tumpukan sampah di Kota Bandung, dituturkan Didi terdapat di sejumlah kawasan seperti Cigondewah, Cikendal, Leuwipanjang dan daerah Cibaduyut. 

"Upaya lain kita mengatasi banjir seperti di daerah Cikutra Barat dengan membuat bendungan di sungai agar limpasan air ke jalan berkurang. Nah yang di bangun ini baru satu dari rencana tiga bendungan," ujar dia. (Yogo Triastopo)