Ketahui 5 Genre Musik Favorit & Populer di Dunia

Ketahui 5 Genre Musik Favorit & Populer di Dunia
istimewa

INILAH, Bandung-Genre musik di dunia begitu beragam karena setiap negara memiliki jenis musik yang khas, belum termasuk per daerah dari masing-masing negara. Seperti misalnya di Indonesia yang memiliki banyak suku dan ras, masing-masing memiliki lagu daerah dengan genre yang berbeda.

Namun dari sekian banyak genre musik di dunia, hanya beberapa saja yang populer hingga ke kancah internasional. Sebab, tidak semua genre lagu bisa di terima oleh masyarakat luas. Terlebih lagi dengan perkembangan musik yang semakin menambah banyaknya genre musik baru yang lebih beragam.

Inilah daftar lima genre musik yang paling populer di dunia.
1. Pop
Genre musik pop rasanya tak pernah berakhir. Di setiap negara selalu punya lagu dengan genre ini. Meski sudah berganti zaman, genre musik pop masih terus eksis.
Genre pop populer di Indonesia pada era 70-an hingga 80-an. Sejak kemunculannya hingga sekarang, musik pop masih memiliki penikmat, bahkan terbilang paling banyak dari genre lainnya.

Kata pop sendiri berasal dari kata populer, yang berasal dari Amerika Serikat dan Inggris pada pertengahan 50-an. Musisi pop yang mendunia antara lain The Beatles, Michael Jackson, Christina Aguilera dan masih banyak lagi. Di Indonesia senidi punya lebih banyak penyanyi pop, tiga diantaranya yakni Krisdayanti, Raisa Andriana dan Tiara Andini.

"Lagu pop ini seolah tidak ada matinya, sudah melewati berbagai zaman dan generasi tetap tidak tergerus. Malah seolah tidak ada matinya. Penyanyi pop dunia maupun Indonesia ini banyak sekali. Untuk mendapatkan lagu-lagunya cukup mudah saking banyak peminatnya, di website kami, tersedia lengkap lagu pop dari penjuru dunia," kata Putra Siregar, pemilik downloadlagu321.net.

2. Jazz
Genre musik jazz dikenal pada abad ke-19 yang diadospi dari budaya musik Afrika Barat dan Eropa. Kemudian berkembang di Amerika Serikat pada awal abad ke-20.
Dalam musik jazz memuat beberapa genre musik seperti blues, ragtime dan musik-musik band Eropa. Musik jazz biasanya dimainkan menggunakan alat musik biola, piano, saksofon, bass, drum, gitar, trombone dan terompet.

Ciri khas musik jazz bernada sangat ringan dan nyaman untuk didengar. Penyanyi jazz populer terbaik sepanjang masa antara lain Louis Armstrong, Duke Ellington, Miles Davis dan masih banyak lagi. Sementara Indonesia memiliki musisi jazz seperti Erwin Gutawa, Indra Lesmana, Monita Tahalea, Tompi dan masih banyak lagi.

3. Rock
Musik genre rock identik dengan gitar listrik yang menjadi instrumen utamanya, setelah itu menyusul bass dan drum. Makannya, musiknya terdengar begitu keras, cadas dan enerjik.

Musik Rock mengadopsi dari musik lainnya seperti blues, jazz, country dan klasik. Genre ini dikenal pada tahun 50-an, hingga pada akhir 60-an dan awal 70-an genre ini berkembang menjadi beberapa jenis yang bercampur dengan musik folk, menjadi folk rock, dan penggabungan dengan genre musik lainnya.

Band rock dunia terkenal seperti Gun N Roses, Queen, Pink Floyd dan lainnya. Sementara Indonesia sendiri punya band rock God Bless, Slank, Rif fan masih banyak lagi.


4. R&B
R&B singkatan dari Rhytm dan Blues adalah musik populer yang bermuatan dari beberapa genre musik: jazz, gospel, dan blues. Musik R&B pertam akali dikenalkan oleh musisi asal Afrika-Amerika.

Genre musik R&B populer di Amerika sekitar tahun 90-an yang ditujukan untuk orang-orang berkulit hitam. Namun seiring berjalannya waktu, musik R&B sebagai musik orang kulit hitam menjadi musik yang dinikmati oleh seluruh dunia. Khas dari musik ini adalah lirik yang lebih tematik serta ketukan musik yang menonjol.

Penyanyi bergenre R&B yang terkenal seperti Whitney Houston, Beyonce, Rihanna dan lainnya. Indonesia punya penyanyi R&B, yakni almarhum Glenn Fredly, Reza Artamevia, Agnez Mo dan banyak lagi.

"Lagu bergenre R&B baik dari luar maupun Indonesia sangat banyak peminatnya, maka di website kami menyediakan lagu-lagu bergenre ini secara lengkap, supaya pecinta musik bisa download MP3 kesukaan mereka hanya di satu tempat saja, ujar Putra Siregar.

5. EDM
EDM adalah singkatan dari Electronic Dance Music yang muncul sekitar tahun 80-90an. Hanya saja, semakin populer baru-baru ini tahun 2000-an. Genre ini cenderung disukai milenial.

Genre musik ini bisa di bilang musik modern karena memakai alat musik elektronik. Musik ini biasanya diputar di klub malam dan festival-festival. Musik EDM biasanya dimainkan oleh DJ (Disc Jockey).

Musisi EDM ternama yang banyak digandrungi anak muda antara lain Zedd, Calvin Harris, mendiang Avicii, dan lainnya. Sementara Indonesia punya Soundwave personilnya Rini ex Indonesian Idol dan suaminya, Jevin Julian, ada juga yang baru-baru ini viral dan sukses tembus internasional dengan lagunya berjudul Lathi yakni Weird Genius. (inilah.com)