Wah...BIN Datangi SMUN 3 Cibinong, Ada Apa?

Wah...BIN Datangi SMUN 3 Cibinong, Ada Apa?

INILAH, Cibinong - Tim Velox Badan Intelejen Negara (BIN) menyasar tempat-tempat umum maupun sosial yang berpotensi penularan wabah virus corona (Covid19) untuk dekontaminasi, sosialisasi dan edukasi.

Hal ini dilakukan untuk mencegah atau menurunkan angka penularan wabah Covid 19 baik di Jabodetabek maupun wilayah lainnya hingga berhasil mengubah zona merah menjadi zona oranye hingga hijau.

"Hari ini kami melakukan dekontaminasi; sosialisasi dan edukasi di SMUN 3 Cibinong dan masyarakat sekitarnya, hal ini kami lakukan agar pihak sekolah maupun masyarakat umum mengerti bagaimana cara pencegahan penularan wabah Covid 19," kata Juru bicara Tim Velox BIN Abdul Razzaq kepada wartawan, Selasa, (7/10/2020).

Dia menerangkan sejak tujuh bulan lalu jajarannya sudah melaksanakan dekontaminasi, sosialisasi dan edukasi lebih dari 210 tempat umum maupun sosial seperti sekolah, terminal, stasiun, pasar tradisional dan lainnya.

"Pelaksanaan dekontaminasi atau penyemprotan zat disinpektan, sosialisasi dan edukasi ini dilakukan di tempat umum maupun sosial seperti sekolah, terminal, stasiun, pasar tradisional, shelter MRT, Shelter LRTdan lainnya yang berada di zona merah penyebaran wabah Covid 19," terangnya.

Dalam kesempatan ini, Razzaq sapaan akrabnya menambahkan secara umum masyarakat cukup mengerti bagaimana mencegah penyebaran wabah Covid 19 salah satu contohnya ialah bagaiamana cara yang benar dalam menggunakan thermogun.

"Cara pemakaian thermogun itu 'ditembakkan' didahi atau kuping tetapi banyak masyarakat yang 'menembakkan' ke tangan, karena tidak tepat maka hasil pengukuran suhu tubuh pun bakal tidak maksimal. Selain itu, banyak juga ilmu yang kami bagikan kepada masyarakat," tambah Razzaq.

Wakil Kepala SMUN 3 Cibinong Bidang Kehumasan Iwan Kuswandi menjelaskan kegiatan Tim Velox BIN memberikan pencerahan tentang bagaimana berperilaku pola Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Dengan pelaksanaan dekontaminasi, sosialisasi dan edukasi yang dilaksanakan oleh Tim Velox BIN ini membuat kami terbiasa menjaga kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak aman, kemudian kebiasaan baik ituakan kami sosialisasikan lagi kepada siswa-siswi. Dalam kesempatan ini kami berterima kasih kepada BIN yang telah memberikan alat kesehatan berupa masker, hans sanitizer, alat semprot dan termogun,"  jelas Iwan. (Reza Zurifwan)