Sekda Baru Tinjau Dua Pasar, PPJ Diminta Terus Berinovasi

Sekda Baru Tinjau Dua Pasar, PPJ Diminta Terus Berinovasi
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah didampingi Dirut Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor Muzakkir meninjau kondisi Pasar Baru Bogor dan Pasar Sukasari.

Saat itu, Syarifah diperlihatkan beberapa lokasi yang sudah ditata PPJ. Seperti Teras Surken, Pasar Baru Bogor, Plaza Bogor, Pasar Sukasari hingga kantor pusat Perumda PPJ. Dirut Perumda Pasar Pakuan Jaya, Muzakkir juga menjelaskan beberapa program dan rencana penataan pasar-pasar di Kota Bogor, diantaranya pasar di dekat kawasan Suryakencana dan Pasar Sukasari. 

"Alhamdulillah hari ini saya mengunjungi dan melihat dua pasar di Kota Bogor, yaitu Pasar Bogor dan Pasar Sukasari. Berdasarkan laporan Pak Dirut terkait penanganan Covid-19 Kota Bogor khususnya di pasar, Alhamdulillah hasil tes berulang yang dijalani Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor hingga saat ini tidak ada yang positif," ungkap Syarifah, Rabu (7/10/2020).

Syarifah melanjutkan, dirinya melihat pasar di beberapa daerah menakutkan, karena bisa menjadi klaster penularan Covid-19. Namun berdasarkan pengamatannya, para pedagang dan konsumen di dua pasar tersebut pada umumnya sudah disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Rata-rata sudah menggunakan masker dan ini menjadi satu hal yang membanggakan bagi Kota Bogor," tambahnya.

Syarifah juga menilai, aspek kebersihan dan kerapihan pasar yang menurutnya sudah cukup baik. Umumnya di masa pandemi Covid-19 saat ini, pengelolaan pasar-pasar, khususnya akses ke pasar tidak boleh sempit guna menghindari kerumunan warga atau para konsumen sebagai langkah pencegahan dan penularan.

"Untuk program pengembangan pasar, saya meminta Dirut Perumda Pasar Pakuan Jaya dan jajaran dapat terus melakukan inovasi-inovasi sehingga tidak bergantung pada penyertaan modal dari Pemkot Bogor. Bisa dilakukan dengan menggandeng pihak swasta, agar kedepan kondisi pasar menjadi lebih baik. Seperti kita ketahui di kondisi pandemi saat ini anggaran pemerintah tidak selalu tersedia setiap saat," jelas Syarifah. 

Di tempat yang sama, Dirut Perumda PPJ Kota Bogor Muzakkir menilai kunjungan Sekda Kota Bogor yang baru ini pada prinsipnya sebagai pengenalan program dan kegiatan di perusahaannya, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Revitalisasi pasar menjadi salah satu program pasar yang diminta untuk segera dituntaskan. 

"Di samping itu Bu Sekda meminta kami untuk mempertahankan penanganan Covid-19 di pasar dan meminta agar jauh lebih baik lagi, sehingga masyarakat yang datang ke pasar maupun para penjual aman dan tidak tertular Covid-19," ungkap Muzakkir. 

Muzakkir menerangkan, dalam kesempatan tersebut, dirinya didampingi Dirum Jenal Abidin dan Dirops Perumda PPJ Kota Bogor Denny Ari Wibowo membeberkan program jangka pendek dan panjang yang telah disusun. (Rizki Mauludi)