Massa di Depan Gedung DPRD Jabar Bubar, Polisi: Situasi Terkendali

Massa di Depan Gedung DPRD Jabar Bubar, Polisi: Situasi Terkendali
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya memastikan, situasi di Kota Bandung sudah aman dan kondusif. Terutama, pasca terjadinya kericuhan massa aksi Tolak Omnibuslaw yang pecah di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar, hari ini Rabu (7/10/2020).

Menurutnya, pihak kepolisian akan melakukan patroli di sekitar Kota Bandung untuk memastikan situasi kondusif, pasca adanya kericuhan di depan Gedung DPRD Jabar.

"Kita akan melakukan penjagaan di setiap sudut kota bandung untuk kamtibmas. Malam kita lakukan patrolu gabungan tni polri," ucap Ulung saat ditemui di depan Gedung Sate, Kota Bandung.

Perihal kericuhan dalam aksi Tolak Omnibuslaw. Ulung menjelaskan, kericuhan terjadi akibat adanya pelemparan yang dilakukan oknum massa aksi ke arah petugas. Selain itu, massa aksi juga dinilai berpotensi melakukan tindakan anarkis.

"Mereka berusaha mendobrak gerbang Gedung DPRD, disaat mereka masuk sambil melempar batu dan anarkis, maka kita pukul mundur dan kita lakukan penyisiran, sehingga mereka bisa membubarkan dan clear di kawasan DPRD dan Gedung Sate," ujar Ulung.

Saat disinggung latar belakang kelompok perusuh, Ulung mengungkapkan, hal tersebut masih akan didalami oleh kepolisian. Namun, Dia memastikan kelompok perusuh bukan berasal dari massa mahasiswa.

"Kami masih dalami, tapi yang jelas mereka bukan kelompok dari mahasiswa atau buruh, dan mereka sengaja sekali membuat atau memancing agar petugas di lapangan itu menjadi emosi," tuturnya.

Dia juga menyebutkan, saat ini sudah ada sejumlah orang yang diamankan, karena dianggap sebagai provokator atas terjadinya kericuhan. Meski begitu, jumlah detailnya masih dalam pendataan.

"Kami belum tahu di lapangan, tapi yang jelas ada, kami belum bisa mengumpulkan data berapa yang diamankan oleh Polrestabes maupun Polda," ungkap Ulung.

"Sementara ini kita kumpulkan, mungkin kita akan bawa dilakukan pendalam di Polrestabes," sambungnya.

Selanjutnya, Ulung menambahkan, jika esok hari ada aksi lanjutan pihaknya siap melakukan pengamanan bagi masyarakat agar situasi Kota Bandung tetap kondusif.

"Kami akan terus melakukan pelayanan terbaik ke masyarakat yang melakukan aspirasinya kepada pemerintah, akan kita dukung dan kita jaga, sehingga aspirasi masyarakat berjalan lancar dan baik," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)